Sopir Di Pasar Palattae Kahu Keluhkan Pungutan – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Sopir Di Pasar Palattae Kahu Keluhkan Pungutan

PENULIS : ASKAR SYAM

KAHU, RB—Sopir angkutan umum (Pete-pete) yang biasa mangkal di Pasar Palattae Kecamatan Kahu mengeluhkan pungutan yang dilakukan oknum di pasar tersebut. Parahnya lagi, penarikan pungutan ini dilakukan cara terkesan memaksa.

Salah seorang sopir angkutan umum berinisial Sp mengaku setiap hari pasar, sopir yang mangkal di pasar tersebut diharuskan menyetor retribusi yang jumlahnya bervariasi dari Rp5 ribu sampai Rp10 ribu.
“Anehnya, mereka tidak menggunakan pakaian seragam maupun tanda pengenal sebagai petugas dishub. Tapi mereka memegang karcis. Yang menjadi masalah, karcis itu tidak diserahkan ke kami para sopir,” ungkapnya, Senin 27 Juni kemarin. Keresahan sopir lanjut dia, sudah berlangsung sejak beberapa tahun belakangan.
“Oknum tersebut gondrong dan berbadan besar pak. Jelas kami takut melawan. Kalau tidak dikasih, kami diancam dikasih bogem mentah (Pukulan),” keluhnya.
Mewakili sopir Pete-pete lainnya, Sp meminta Dinas Perhubungan Kabupaten Bone untuk segera turun tangan.
“Yang terhormat Kabid Darat Dishub Bone (Ambo Sakka), agar segera turun tangan mengatasi masalah ini. Bukan main penghasilan yang didapat oknum itu, karena semua sopir angkutan umum menyetor ke yang bersangkutan. Bayangkan tiga kali pasar dalam seminggu. Harus jelas, apakah retribusi yang ditarik itu disetor ke dinas terkait atau tidak. Jadi sekali lagi kami harap, agar dishub turun ke pasar ini melihat langsung kondisi di lapangan,” kuncinya.
Sementara itu Kabid Darat Dishub Bone, Ambo Sakka yang dihubungi pertelepon malam tadi menyatakan pihaknya sudah memanggil koordinator dishub di wilayah Palattae untuk didengarkan penjelasannya terkait keluhan sopir. “Begitu kami dapat infornya, langsung kami panggil koodinator di sana (Palattae) untuk datang ke kantor besok (Hari ini) menjelaskan hal itu. Apakah benar dilakukan oknum dishub atau petugas liar,” kunci Ambo Sakka.

 

*ASKAR SYAM

To Top