Studi Komparasi Di Bandung, Ini Yang Didapat Tim Inisiator Ranperda Kabupaten Sehat DPRD Bone – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Studi Komparasi Di Bandung, Ini Yang Didapat Tim Inisiator Ranperda Kabupaten Sehat DPRD Bone

PENULIS : ASKAR SYAM

RADARBONE. CO. ID_BANDUNG–Tim inisiator rancangan peraturan daerah (Ranperda)  Kabupaten Sehat DPRD Kabupaten Bone,  menggelar studi komparasi di Kota Bandung, Rabu 14 Juni 2017.

Kota kembang dipilih,  lantaran daerah tersebut dianggap yang terbaik penerapan peraturan daerah (Perda) Kabupaten Sehat.

Anggota tim inisiator Ranperda Kabupaten Sehat,  A Yusuf Akbar Amier mengatakan, kunjungan kerja di Kota Bandung,  merupakan salah satu tahapan dan juga saran dari Prof Syahrudin Nawi, guru besar UMI sebagai tim pengkaji draft naskah akademik terkait ranperda kabupaten sehat.

“Studi komparasi ini perlu kami lakukan agar mendapatkan refrensi, terkait isu strategis yang nantinya akan dihadapi ketika ranperda ini menjadi perda dan teraplikasi di lapangan,” ungkap Yusuf Akbar kepada radarbone.co.id, Kamis 15 Juni 2017.

Isu strategis dan tantangan ranperda kabupaten sehat lanjut Sekretaris Komisi II DPRD Bone itu, mencakup isu strategis aspek non teknis yang terdiri dari aspek kebijakan daerah dan kelembagaan, seperti bagaimana dinas kesehatan sebagai leading sektornya memahami dan menjalankan perintah dari perda ini.

“Kiat-kiat seperti inilah yg kami ingin komparasikan dengan Kota Bandung, kemudian keterlibatan pelaku bisnis. Di Bandung, para pelaku bisnis turut serta dalam menyukseskan ranperda tersebut, dengan CSR yang tepat guna dan menjadi stimulan bagi program kabupaten/kota sehat,” jelasnya.

Aspek strategis selanjutnya, adalah pemberdayaan masyarakat, dimana kabupaten sehat adalah sebuah produk hukum yang mengedepankan partisipasi masyarakat dalam menciptakan pola hidup bersih dan sehat (PHSB).

“Pemda, dalam hal ini sebagai tim monitoring dan evaluasi perlu support dan akses untuk masyarakat ke forum kabupaten sehat yang ada ditiap kecamatan kelurahan dan desa sehingga capaian yang ada bisa terealisasi,” terang Sekretaris Komisi II DPRD Bone itu.

“Memang secara pemerintahan spek kami berbeda. Bone adalah kabupaten, dan bandung adalah kota. Tapi pengelolaan manajemen pengendalian, penatausahaan , pelaksanaan dan evaluasi pemerintah Kota Bandung beserta DPRD terhadap perda kabupaten / kota sehat layak untuk dijadikan referensi,” tutupnya.

*

To Top