Sudah Ada Restu KASN, Hasil Lelang di Bone Malah Masih Digantung – Radar Bone

Radar Bone

Uncategorized

Sudah Ada Restu KASN, Hasil Lelang di Bone Malah Masih Digantung

RADARBONE.CO.ID_WATAMPONE–Pelantikan pejabat pimpinan tinggi pratama hasil lelang jabatan tak kunjung digelar. Padahal, hasil lelang telah dikirim ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) dan telah mendapat persetujuan untuk pelantikan melalui rekomendasi Nomor B-4110/KASN/11/2019.

Sejatinya, pelantikan pejabat eselon II hasil lelang jabatan harusnya sudah dilaksanakan pada 29 November 2019 lalu. Itu jika mengacu jadwal yang diumumkan panitia seleksi.

Apalagi, pansel telah menetapkan tiga besar calon pejabat pimpinan tinggi pratama di dua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang dilelang. Pengumuman dengan nomor 23/Pansel-JPT Pratama II.b/XI/Bone/2019 tertanggal 20 November 2019 itu, ditandatangani langsung Sekda Bone.

Ada dua OPD yang dilelang dan pansel telah menetapkan tiga besar berdasarkan hasil assesment dan wawancara di Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Provinsi Sulsel.

Mereka yang ditetapkan lolos tiga besar calon pejabat pimpinan tinggi pratama yakni Ade Fariq Ashar, H Yudhis dan Awaluddin untuk jabatan Kepala Bappeda serta HA Asman Sulaiman, Ade Fariq Ashar dan Awaluddin untuk jabatan Kepala Dinas Ketahanan Pangan.

Tiga nama tersebut telah diserahkan ke Bupati Bone, HA Fahsar M Padjalangi untuk ditentukan satu nama. Dan proses itu nyatanya sudah dilakukan, dan nama pemenang lelang sudah dikirim BKPSDM ke KASN untuk mendapatkan rekomendasi pelantikan.

Baik Ade maupun Asman diprediksi menjadi pemenang lelang. Ade disebut-sebut telah dipilih bupati mengisi jabatan Kepala Bappeda sementara Asman untuk jabatan Kepala Dinas Ketahanan Pangan.

Kepala BKPSDM Bone, A Fajaruddin mengaku sudah ada nama yang dipilih untuk mengisi jabatan Kepala Bappeda dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan. Hanya saja, Fajar masih merahasiakan nama tersebut.

“Belum bisa saya buka ndi. Kita tunggu saja pelantikannya,” ujar Fajar kepada RADAR BONE, Jumat 10 Januari kemarin.

Sementara untuk jadwal pelantikan, Fajar mengaku belum mendapat petunjuk. Ia hanya mengisyaratkan jika pelantikan akan digelar dalam sepekan kedepan.

“Kita masih tunggu petunjuk. Kemungkinan Minggu depan Insya Allah,” tukasnya. Informasi yang dihimpun RADAR BONE, pelantikan belum digelar karena menunggu perubahan nomenklatur OPD baru. Diminta tanggapan terkait hal itu, Fajar menegaskan bukan domainnya menjelaskan.
“Kalau itu ndi, konfirmasiki di bagian organisasi Setda Bone,” tukasnya.

Terkait belum dilantiknya pejabat eselon II hasil lelang, Fajar menegaskan tak ada masalah dan tak ada regulasi yang dilabrak.

Kepala Bagian Pemerintahan Setda Bone, Dr Ade Fariq Ashar SSTP MSi mengakui, adanya perubahan nomenklatur opd yang baru.

“Ada penyesuaian nama baru sj tdk adaji perubahan. Jadi pejabat yang dilantik nantinya disesuaikan dengan nama OPD barunya,” jelasnya.

“Untuk teknisnya di bagian organisasi termasuk apakah perbupnya sudah atau tidak,” jelasnya.

Diketahui, mutasi jilid III hingga kini belum dilakukan. Pelantikan dijadwalkan serentak. Tak hanya pejabat eselon II, namun bupati juga akan melantik pejabat eselon III dan IV.
Bupati Bone, HA Fahsar M Padjalangi, memberi kesempatan ke BKPSDM untuk segera merampungkan pengisian jabatan lowong di eselon III dan IV, sehingga pelantikan bisa segera dilaksanakan.

“Belum bisa dipastikan jadwal pelantikannya. Kami akan upayakan pelantikan secara bersamaan (Eselon II, III dan IV),” ungkap Fahsar kepada RADAR BONE kemarin.

*

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top