SYL Gagas Jalur Terowongan Poros Maros-Bone – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

SYL Gagas Jalur Terowongan Poros Maros-Bone

PENULIS : USMAN SOMMENG

RADARBONE.CO.ID_WATAMPONE–Untuk memperpendek jarak tempuh Bone-Makassar, Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo menggagas pembuatan jalur terowongan pada poros Maros-Bone. Jalur terowongan ini dinilai lebih minim resiko terhadap pengrusakan fungsi hutan.

Ide pembuatan jalur terowongan ini disampaikan SYL saat menghadiri puncak peringatan Hari Pers Nasional 2017 tingkat Provinsi Sulsel yang dipusatkan di Bone, 13 April lalu. “Saya tadi bicara dengan kepala balai dan pimpro yang ada di sana. Supaya jalan yang ada dari Maros ke Bone ini, kita nda usah belah hutan yang terlalu banyak syaratnya. Kita terowongan yuk,” ungkap Syahrul.

Mantan Ketua DPD I Golkar Sulsel itu menambahkan panjang terowongan yang dibutuhkan berkisar 1 km. Diakui pembuatan terowongan memerlukan dukungan biaya yang tidak sedikit. “Saya tanya berapa panjang kalau dibuat terowongan, 1 km lebih. Saya bilang 1 km lebih, tengah harus ada napas. Dibuat terowongan atas untuk itu. Dan itu menambah harga. Saya bilang nda apa-apa, hutannya tidak terganggu. Dan mudah-mudah ini menjadi sebuah perjuangan kita,” harap Syahrul.

Pada kesempatan itu Syahrul juga menegaskan, bahwa proyek jalur kereta api sudah bisa difungsikan April tahun depan. “Kereta yang sementara berjalan, Insya Allah, April 2018 kita naik kereta api. Kemarin kami sudah tambahan dana Rp1,2 T. Dan 57 km sudah selesai, berarti pangkep ke Barru sudah bisa,” jelas dia.

Click to comment
To Top