Tahun Ini, 9.041 Kendaraan Baru Mengaspal di Bone – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Tahun Ini, 9.041 Kendaraan Baru Mengaspal di Bone

RADARBONE.CO.ID_WATAMPONE–Padatnya kendaraan di jalan ternyata tidak mencerminkan pertumbuhan kendaraan yang signifikan. Dalam empat tahun terakhir terjadi penurunan laju kendaraan bermotor di Bumi Arung Palakka.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Kantor Bersama Samsat Bone. Pertumbuhan kendaraan yang cukup besar terjadi pada 2014, yakni sebanyak 94.612 unit. Ini terbagi atas kendaraan roda dua (R2) sebanyak 15.279 unit dan roda empat (R4) 79.333 unit. Di tahun 2015, jumlah kendaraan yang tercatat di Samsat Bone turun menjadi 84.714 unit. Ini terbagi atas roda dua 12.780 unit dan roda empat 71.934 unit.

Selanjutnya di 2016 kendaraan kembali bertumbuh menjadi 85.850 unit, dengan rincian 75.807 roda dua dan 9.773 unit roda empat. Data ini sekaligus menunjukkan di sepanjang 2016 terjadi pertumbuhan sepeda motor meningkat tajam. Sebaliknya, pertumbuhan mobil menurun. Memasuki 2017, kembali terjadi penurunan kendaraan menjadi 67.877 unit. Tak berbeda tahun lalu, kendaraan roda dua (motor) tetap mendominasi, yakni sebanyak 59.629 unit, kemudian roda empat (mobil) 8.248 unit.

Data jumlah kendaraan yang tercatat di Samsat Bone tersebut adalah data kendaraan baru dan kendaraan yang sudah berulang pembayaran pajaknya melalui kantor Samsat Bone. Ini tidak termasuk dengan kendaraan yang membayar pajak melalui layanan mobil Samsat keliling.

Kendati demikian, angka pertumbuhan kendaraan di Bumi Arung Palakka tetap saja menunjukkan trend penurunan.

“Data tersebut adalah jumlah kendaraan yang terbayar di kantor Stationer Samsat Bone. Di tahun 2015 ada penurunan jumlah kendaraan yang terbayar, karena sebagian masyarakat membayar pajak kendaraannya di Samsat keliling,” ungkap Farida Amriyani, SPd, Bendahara Penerima Pembantu Kantor Samsat Bone saat dikonfirmasi RADAR BONE, Senin 18 Desember lalu.

Sementara itu, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pendapatan Wilayah Bone, Nurlina, SH, MM mengakui terjadinya penurunan kendaraan di tahun 2017.

“Untuk tahun 2017 jumlah kendaraan baru memang menurun. Kalau kita lihat jumlah kendaraan di jalan, kemungkinan kendaraan plat luar. Kalau bicara kendaraan baru, daya beli masyarakat untuk tahun 2017 khususnya kendaraan baru menurun,” kata Nurlina.

Terkait kepatuhan membayar pajak, Nurlina menegaskan angka tunggakan pajak kendaraan di Bone masih terbilang tinggi. “Kalau kita bicara tunggakan untuk Kabupaten Bone, masih tinggi penunggakan pajaknya, Sampai sekarang sudah 97,72 persen yang bayar pajak,” jelas Nurlina.

*

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top