Tahun Ini, Bantuan Parpol di Bone Rp831 Juta – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Tahun Ini, Bantuan Parpol di Bone Rp831 Juta

Ilustrasi

PENULIS : ASKAR SYAM

WATAMPONE, RB—Alokasi dana untuk partai politik Tahun 2016 mening-kat dari tahun sebelumnya. Jika tahun sebelumnya, dana parpol hanya berkisar Rp700 juta lebih, tahun ini, anggaran untuk partai politik tersebut mencapai angka Rp831 juta. Kepala Bidang Anggaran Dinas Pengelola Keua-ngan dan Aset Daerah (DPKAD) Bone, A Hasanuddin mengatakan, anggaran tersebut dialokasikan untuk 11 partai politik pemilik kursi di DPRD Bone.

“Jadi yang menerima, hanya partai yang memiliki wakil di DPRD Bone. Jadi partai yang terbanyak wakilnya di legislatif, tentu dana partai yang diterima juga besar,,” ujarnya.
Golkar misalnya kata A Hasanuddin yang memiliki 15 kursi di DPRD Bone, mendapatkan alokasi dana parpol Rp400 juta lebih.

“Disusul Gerindra, PAN, Nasdem dan seterusnya. Jadi pe-ngalokasiannya kita melihat dari jumlah kursi partai tersebut di parlemen,” pungkas Andi Daddi sapaan akrab Kabid Anggaran DPKAD itu tanpa merinci besaran dana parpol yang diterima masing-masing parpol.

Praktisi Politik, Rahman Arif meminta seluruh partai politik untuk melakukan transparansi bila ada peningkatan bantuan dana parpol.“Sejatinya, uang rakyat yang dikelola oleh negara diberikan kepada partai dengan harapan partai mampu mencerdaskan politik rakyat atau rakyat dalam berpolitik. Dengan demikian partai barulah berhak menerima dana rakyat untuk menjalankan aktivitas yang benar-benar dijalankan,” kata Rahman.

Selama ini, dia menilai parpol tidak pernah transparan dalam pengelolaan keuangan. Terlebih lagi parpol juga dinilai tak melaksanakan fungsinya melakukan pendidikan politik.
Partai politik lanjut dia, juga harus melaporkan keuangannya sejak berdiri hingga sekarang ke publik.

“Hal ini demi menjaga kepercayaan antar rakyat dengan partai politik. Selain itu, partai harus membuka secara terbuka dan ‘menelanjangi’ keuangannya,” kuncinya. Sementara berdasarkan data catatan laporan keuangan 2015, terungkap parpol penerima bantuan keuangan Kabupaten Bone tahun 2015 sebanyak 11 parpol. Dengan parincian parpol Hanura nilai bantuan hibah yang diterima Rp63.782.700. Disusul PKS Rp83.695.900.

*ASKAR SYAM

To Top