Tak Miliki NPSN, SMKN 9 Belum Nikmati Dana BOS – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Tak Miliki NPSN, SMKN 9 Belum Nikmati Dana BOS

Para kepala SMK se Kabupaten Bone saat mengikuti rapat kerja kepengurusan MKKS SMK di SUPM Negeri Bone.

PENULIS: AGUSTAPA

RADABONE.CO.ID, WATAMPONE– SMK Negeri 9 Bone atau yang selama ini dikenal dengan SMK Negeri Ponre yang terletak di Desa Bakunge hingga saat ini belum memiliki Nomor Pokok Sekolah Negeri (NPSN).
Sehingga sekolah kejuruan yang kini berada dibawah kendali A Arniati SPd itu, hingga saat ini belum menikmati dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) seperti sekolah pada umumnya. Bahkan siswanya juga belum terdaftar dalama Data Pokok Pendidik (Dapodik).

Mantan Kepala SMK Negeri 1 Mare itu mengaku sangat prihatin dengan sekolah itu, meski dirinya terbilang baru menjabat di sekolah itu.

Betapa tidak, SMK Negeri 9 Bone yang sudah berjalan kurang lebih 2 tahun lebih itu kini telah memiliki siswa 168 orang yang terdiri dari dua program keahlian yakni Program Keahlian Peternakan dan Pertanian.

“Saat ini, siswa kami tengah melaksanakan Praktek Kerja Industri (Prakerin). Semua biaya yang dipakai berasal dari siswa. Terkadang, saya mengeluarkan uang pribadi saya untuk kegiatan operasional sekolah, karena hingga saat ini SMK Negeri 9 Bone belum juga bisa menerima dana BOS karena tidak memiliki NPSN,” ujarnya.

Arniati mengaku sudah melakukan upaya agar sekolah yang dipimpinnya itu agar segera memiliki NPSN. Bahkan dia sudah melakukan koordinasi ke Dinas Pendidikan Provinsi Sulsel, akan tetapi hingga saat ini belum menemukan titik terang.

“Selaku kepala sekolah, saya hanya berharap agar SMK Negeri 9 Bone segera mendapat perhatian. Karena tanpa dana BOS, proses tidak akan bisa berjalan dengan maksimal,” ungkapnya kepada RADAR BONE saat mengikuti rapat kerja pengurus MKKS SMK di SUPM Negeri Bone baru-baru ini.

Sementara Ketua Musyawarah Kerja Pengawas Sekolah (MKPS) Drs Sulaeman juga tak menampik NPSN merupakan syarat bagi sekolah untuk menerima dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

“Untuk memperoleh NPSN, tidaklah mudah, harus ada rekemendasi dari UPT Pendidikan Wilayah Bone untuk ditindaklanjuti ke Dinas Pendidikan Provinsi Sulsel,” imbuhnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top