Tertibkan Ternak Liar. Satpol PP Bone Kejar Sapi, Yang Ditangkap Kambing – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Tertibkan Ternak Liar. Satpol PP Bone Kejar Sapi, Yang Ditangkap Kambing

PENULIS : HERMAN

RADARBONE.CO.ID_WATAMPONE–Ternak liar yang selama ini berkeliaran di dalam kota mulai ditertibkan. Pasukan penegak perda di bawah komando Plt Kepala Satpol Bone, Dr HA Sumardi Suaib MM menyisir sejumlah titik yang menjadi tempat berkeliaran hewan ternak tersebut.

Sejak pagi, Kamis, 14 Februari kemarin, personel Satpol PP Bone bermandi keringat mengejar ternak milik warga yang mangkal di jalan. Mereka saling membahu untuk menangkap ternak yang berkeliaran.

Alhasil, ada enam ekor kambing berhasil mereka tangkap. “Satpol PP Bone kembali menertibkan hewan ternak yang sering berkeliaran di tempat-tempat umum. Dalam penertiban ini, sebanyak enam ekor kambing ditangkap dan diamankan yang berlokasi di Jl Andi Pangeran. Ternak tersebut diamankan dipenampungan ternak di Kelurahan Tibojong, Kecamatan Tanete Riattang Timur,” tulis Iwan Cangkir, seorang personel Satpol PP Bone melalu akun facebooknya, kemarin.

Yang menarik, ternak sapi yang selama ini dikeluhkan warga tak satupun tertangkap. Meski personel Satpol PP sudah berjibaku mengejar sapi di jalan raya. Plt Kepala Satpol PP Bone, Dr HA Sumardi Suaib MM melalui Kepala BidangPenegak Peraturan Daerah, Drs A Muh Faisal, MSi didampingi Plt Bidang Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat, A Baharuddin,SIP, MSi mengatakan, penertiban hewan ternak tersebut masuk dalam Perda Nomor 13 Tahun 2016 Tentang Ketertiban umum.

“Sejauh ini untuk permasalahan hewan ternak itu, yang kami lakukan baru sebatas imbauan dan peringatan serta pemberian Surat Pernyataan kepada pemiliknya saja. Kedepannya kami akan melakukan tindakan sesuai dengan peraturan daerah itu,” ujarnya.

Lanjut dia, sebelum melakukan tindakan, pihaknya juga melakukan koordinasi terlebih dahulu dengan pihak-pihak terkait. Saat ini aparat penegak peraturan daerah hanya memberikan teguran kepada pemilik ternak, jika hewan ternak milik bersangkutan ditemukanberkeliaran hingga membuat warga lainnya terganggu.
Aturan tentang hewan ternak berkeliaran hingga mengganggu kenyamanan masyarakat tertera dalam Perda Nomor 1 tahun 2016 tentang Tentang Penertiban Hewan.

(*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top