Tiga CJH Batal Berangkat – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Tiga CJH Batal Berangkat

ilustrasi

PENULIS : AGUSTAPA

WATAMPONE, RB—Sebanyak tiga Calon Jamaah Haji (CJH) Kabupaten Bone dipastikan batal berangkat tahun ini. Mereka yang dinyatakan batal berangkat, yakni Rahmi Binti Limung dari Kecamatan Libureng dan Rahma Jabir dari Dua Bocco. Keduanya batal berangkat karena hamil.
Sedangkan satu CJH lainnya, yakni Dahlia Binti Tiro tak jadi berhaji karena sakit. Ini merupakan kali kedua, Dahlia gagal ke tanah suci karena sakit yang menderanya.

“Khusus untuk Dahlia Binto Tiro sudah dua tahun tertunda karena sakit, dia selalu masuk dalam daftar CJH karena telah melunasi Biaya Perjalanan Haji. Jika sampai dengan tahun depan sakitnya tidak bisa disembuhkan, maka porsinya sudah dibatalkan,” ungkap Sultan Saifuddin, SAg, Petugas Siskohat Kantor Kemenag Bone kepada RADAR BONE, Rabu, 3 Agustus kemarin.

Selain yang batal berangkat, ada juga dua CJH yang dimutasi pemberangkatannya di kabupaten lain. Keduanya adalah Darmawati Nurdin Nuhun dimutasi ke Makassar, dan Siti Aman Patiroi yang dimutasi ke Samarinda. “Mereka berdua dimutasi ke daerah lain karena ikut suaminya yang sedang bertugas di sana, sehingga mereka berangkat haji di tempatnya masing-masing,” tuturnya.
Dengan batalnya tiga CJH Kabupaten Bone, dan dimutasinya dua orang ke kabupaten lain, maka total CJH yang berangkat tahun ini sebanyak 593 orang, ditambah Tim Pendamping Haji Daerah (TPHD) sebanyak tiga orang.

Lanjut Sultan, batalnya tiga orang CJH di Kabupaten Bone tersebut tidak bisa dilakukan pergantian, karena pelunasan BPIH sudah berakhir. Sultan me-nyayangkan kelambanan petugas kesehatan dalam melaporkan CJH yang sakit atau hamil.
“Seharusnya kalau CJH yang terindikasi hamil atau sakit dan dipastikan tidak bisa berangkat dikoordinasikan secepatnya, sehingga kami dari pengelola haji di Kemenag bisa melaporkan secepatnya ke Kanwil, sehingga bisa diusulkan pengganti,” tandasnya.

*ASKAR SYAM

To Top