Tiga Ranperda Dianggarkan Rp500 Juta – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Tiga Ranperda Dianggarkan Rp500 Juta

Anggota DPRD Bone yang menjadi inisiator Ranperda Kabupaten Bone, mulai mengkaji rancangan produk hukum tersebut sebelum diserahkan ke Pansus DPRD untuk dibahas

Inisiator Godok Ranperda Kabupaten Sehat

PENULIS : ASKAR SYAM

WATAMPONE, RB–Tiga rancangan peraturan daerah (Ranperda) yang diinisiasi DPRD Bone, yakni Ranperda Kabupaten Sehat, Ranperda Disabilitas dan Ranperda CSR, kembali digodok sebelum disodorkan untuk dibahas di tingkat pansus.

Salah satunya ranperda kabupaten sehat, yang dibahas melalui rapat tingkat inisiator, Senin 20 Maret kemarin.
Rapat yang dipimpin Ketua tim inisiator, H.Kaharuddin, yang sejatinya membahas besaran anggaran yang dibutuhkan untuk pembahasan ranperda tersebut, berlangsung alot. Beberapa anggota DPRD Bone yang menjadi inisiator pembentukan perda tersebut, sempat mempertanyakan alasan ditunjuknya salah satu lembaga di Bone sebagai pendamping ranperda tersebut.

Anggota DPRD Bone yang juga Wakil Ketua Komisi I DPRD Bone, H Saipullah Latief secara tegas menyorot banyaknya keterlibatan LPP (Lembaga Pemberdayaan Perempuan) pada penggodokan ranperda tersebut. Saipullah berpandangan, penggodokan ranperda kabupaten sehat, menjadi tanggungjawab insiator dalam hal ini DPRD Bone.

BACA JUGA  Kejari Akhirnya 'Eksekusi' Marten Beni

“LPP bagi saya tidak ada kaitannya dengan ranperda ini. Kalaupun lembaga itu ditunjuk sebagai pendamping, harus jelas apakah sudah memenuhi syarat atau tidak,” tegas Saipullah. “Jadi saya menekankan kepada bagian perundang-undangan, agar menentukan pendamping, harus melalui verifikasi yang betul-betul bisa dipertanggungjawabkan,” pungkasnya.

Saipullah juga menegaskan, penganggaran ranperda tersebut, harus mengedepankan efisiensi anggaran.
Terpisah, ketua tim inisiator, H Kaharuddin menyebutkan masing-masing ranperda dianggarkan Rp50 juta lebih untuk naskah akademik. “Jadi Rp150 juta untuk tiga ranperda inisiasi DPRD Bone,” ujarnya.

Anggota DPRD Bone yang menjadi inisiator pembentukan ranperda Kabupaten Sehat yakni, H Kaharuddin SE MSi, H Ramang, A Muh Idris Alang SH MH, Hj Mintayu Syamsuddin SE, Herman ST, H Saipullah Latif SE MSi, A Yusuf Akbar SSos, Abulkhaeri SE, Ir Efendi, Rusdi, H Andi Suaedi SH MH dan Irwandi Burhan SE.

BACA JUGA  Berapa Yah Anggaran Yang Dibutuhkan KPU Untuk Penyelenggaraan Pilkada Bone?

Namun sumber dari internal DPRD Bone menyebutkan ketiga ranperda tersebut menghabiskan anggaran total Rp500 juta. Dengan rincian, Rp150 juta untuk naskah akademik dan Rp400 juta untuk konsultasi publik (Perjalanan dinas).

Click to comment
To Top