Radar Bone

Berita Terkini

Tingkatkan Pelayanan Kepada Peserta, Mobile Customer Service BPJS Kesehatan Layani Masyarakat Sampai Pedesaan

RADARBONE.CO.ID, WATAMPONE–Komitmen BPJS Kesehatan sebagai tahun pelayanan dan kepuasan peserta pada tahun 2020 ini terus diwujudkan dengan bergerak mendekati masyarakat langsung sampai ke pelosok desa.

Seperti halnya yang dilaksanakan oleh BPJS Kesehatan Kantor Cabang Watampone pada Selasa, 21 Januari 2020, berkesempatan mengadakan Program MCS (Mobile Customer Service) atau Layanan BPJS Kesehatan Jemput Bola di Puskesmas Mare, Kelurahan Tellu Boccoe, Kecamatan Mare.

Puskesmas ini merupakan salah satu puskesmas yang memiliki fasilitas Rawat Inap di Kabupaten Bone dan menjadi yang terbesar dan terlengkap di Kecamatan Mare.

Selain fasilitas Rawat Inap, puskesmas ini juga memiliki fasilitas Poli Gigi, Poli Umum, Konseling, Farmasi, UGD, Labolatorium, Gizi, dan Rekam Medis.

Jarak antara Kantor Cabang dengan Kecamatan Mare sekitar 30 km, meski sekarang akses jalan sudah semakin bagus, namun tidak dipungkiri bagi masyarakat yang kurang mampu akan sangat menyulitkan, terlebih memang di Kabupaten Bone tidak ada kendaraan umum semacam bus atau angkutan desa.

Beruntung BPJS Kesehatan saat ini memunculkan program MCS (Mobile Customer Service) atau Layanan BPJS Kesehatan Jemput Bola sehingga bisa menghampiri desa-desa terpencil.

Peserta sudah memenuhi area puskesmas, padahal kegiatan baru akan dimulai pukul 09.00 WITA.

Antusiasme warga yang sangat tinggi ini diakibatkan beberapa hari sebelumnya pihak puskesmas sudah meminta bantuan pada pihak kecamatan agar mengumumkan kepada masyarakat bahwa akan diadakan layanan BPJS Kesehatan di Puskesmas Mare.

“Dua hari lalu saya meminta tolong ke Bapak Camat untuk mengumumkan ke warga bahwa akan ada layanan dari BPJS Kesehatan di Puskesmas Mare pada tanggal 16 Januari 2020 pada pukul 09.00 – 14.00 WITA. Saya bilang agar mereka yang mau pengurusan BPJS membawa serta kartu lama, Kartu Keluarga dan KTP, karena akan dilakukan perbaikan data bagi peserta yang memiliki nama, tanggal lahir dan NIK berbeda antara yang tercetak di kartu dengan di Kartu Keluarga maupun KTP,” ungkap dr. Wina Yuliaty Achmad (45), Kepala Puskesmas Mare.

“Cuma saya tidak menyangka antusias warga begitu besar sehingga puskesmas terasa penuh sesak, mungkin lain kali kami akan memanggil per desa saja dulu. Kami harap tim dari BPJS Kesehatan bisa rutin mengadakan acara seperti ini, karena jarak antara kecamatan ini dengan kantor BPJS Kesehatan sangat jauh, baik itu ke kantor BPJS di Watampone ataupun yang di Kabupaten Sinjai. Acara ini sangat membantu masyarakat yang kesulitan ongkos maupun waktu,” harap dr. Wina.

Kepala Cabang BPJS Kesehatan Watampone menyatakan bahwa program Mobile Customer Service ini adalah salah satu upaya peningkatan layanan BPJS Kesehatan terhadap masyarakat.

“Tahun lalu sudah dijalankan program MCS yang mengunjungi daerah kecamatan dan desa di wilayah Kab Bone, namun tahun 2020 ini kami akan lebih menggiatkannya lagi. Karena komitmen kami memang bagaimana meningkatkan layanan kepada peserta JKN,” ungkap Hartono Purba.

“Kami sudah membuatkan jadwal kunjungan ke daerah, namun diluar jadwal tersebut kami siap melakukan kunjungan jika ada permintaan dari puskesmas atau aparat desa setempat,” tambahnya.

Pelayanan yang diberikan saat program MCS ini meliputi perbaikan data peserta khususnya peserta PBI, misal perbaikan NIK, tanggal lahir dan pendaftaran peserta mandiri, pemberian informasi dan sosialisasi dan pelayanan administrasi lainnya. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

To Top