TPHD ‘Jalur Cepat’ Berhaji – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

TPHD ‘Jalur Cepat’ Berhaji

ilustrasi

PENULIS : AGUSTAPA

WATAMPONE, RB–Jika calon jemaah haji (CJH) reguler harus menunggu hingga 30 tahun untuk mendapatkan porsi haji. Ternyata ini, tak berlaku bagi CJH yang tercatat sebagai Tim Pendamping Haji Daerah (TPHD). Pasalnya, yang bisa ditunjuk masuk ke dalam TPHD adalah melalui restu pemerintah daerah. Bisa dibilang, TPHD adalah jatah haji bagi pemda. Namun demikian, CJH yang ditunjuk menjadi TPHD bukan sembarangan. Pasalnya, memiliki tanggungjawab dan tugas yang berat dalam memantau dan memandu CJH Kabupaten Bone.

“TPHD itu bukan Calon Jamaah Haji (CJH) reguler, akan tetapi TPHD itu selain melaksanakan ibadah haji dia juga bertugas memantau dan memandu CJH Kabupaten Bone. Jadi, di sini TPHD itu tanggungjawabnya besar. Karena selain memantau dia juga ditugaskan memandu JCH reguler,” ungkap Petugas Pengelola Sistem Komunikasi Haji Terpadu (Siskohat) Kementerian Agama Kabupaten Bone Sultan Saifuddin, SAg kepada RADAR BONE, Rabu, 3 Agustus lalu.
Lanjut Sultan CJH yang bertindak sebagai TPHD ditentukan oleh pemerintah daerah, karena TPHD itu merupakan jatah dari pemerintah Kabupaten Bone. Ada tiga CJH yang ditunjuk menjadi TPHD Kabupaten Bone.

Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah (BKDD) Kabupaten Bone, Drs Andi Islamuddin adalah satu yang mendapat amanah menjadi Tim Pendamping Haji Daerah (TPHD) Kabupaten Bone tahun ini. Selain Islamuddin, ada dua anggota TPHD lainnya, yakni Andi Sammang Bin HA Lesa, seorang anggota Polri yang beralamat di Jl Dr Wahidin Sudirohusodo Kelurahan Macanang Kecamatan Tanete Riattang Barat dan seorang wirawasta bernama Basrinuddin Abd Rahman yang beralamat di Kelurahan Masumpu Kecamatan Tanete Riattang.

“Kebetulan tahun ini, ada tiga orang yang menjadi TPHD, yakni Andi Islamuddin, Andi Sammang dan Basrinuddin Abd Rahman,” bebernya.

*ASKAR SYAM

To Top