Tujuh Bulan Mengabdi, Pj Bupati Pamit – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Tujuh Bulan Mengabdi, Pj Bupati Pamit

Pemerintah Didorong Raih Kepercayaan Masyarakat

RADARBONE.CO.ID–Detik-detik akhir jabatan Ir H Andi Bakti Haruni CES sebagai Pj Bupati Bone dimanfaatkan untuk bertemu dengan seluruh jajaran SKPD melalui apel gabungan, Senin, 24 September 2018.  Bakti Haruni mengabdi di Kabupaten Bone selama tujuh bulan. Mulai Pejabat sementara bupati hingga dilantik menjadi penjabat bupati.

Dimana dalam apel tersebut, Kadis Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Provinsi Sulsel pamit sekaligus mengucapkan terima kasih kepada seluruh stakeholder yang telah membantunya sehingga dapat mensukseskan tanggung jawabnya sebagai Pj Bupati Bone.

“Terus terang diawal bertugas saya merasa ragu atas kamampuan yang saya miliki. Namun berkat supporting para pejabat beserta teman-teman pegawai hal yang saya anggap sulit justru saya hadapi lebih mudah. Tentu itu tidak lepas dari kerja sama dan dukungan seluruh stakeholder yang ada,” ungkapnya.

Selama menjabat sebagai Pj Bupati Bone, Bakti melihat Kabupaten Bone tak memiliki kekurangan yang dibutuhkan hanyalah kesungguhan dan kerja sama.

Sebagai pemerintah harus bisa melibatkan masyarakat secara luas dan pemerintah harus memiliki strategi.

“Kuncinya adalah raih keperyaan masyarakat,” ujar ayah tiga anak ini.

Selain itu, Bakti juga menitip kemana arah fokus Bone kedepan yang harus menjadi perhatian Bupati dan Wakil Bupati Bone diantaranya pembangunan sarana dan prasarana infrastruktur jalan karena sarana jalan salah satu pendukung utama untuk meraih kepercayaan masyatakat.

“Untuk mewujudkan itu tentu tidaklah mudah karena panjang jalan yang harus dikerjakan tidak berbanding dengan jumlah anggaran yang ada. Makanya kata kuncinya harus ada skala prioritas dan efesiensi,” katanya.

Selanjutnya di sektor pendidikan yang harus menjadi perhatian pemerintah adalah pembenahan manajemen pendidikan.

“Dari segi kualitatif pendidikan sudah bagus, tapi manajemen harus dibenahi seperti SDM Kependidikan harus ada pengaturannya dan pembinaan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Bakti juga mendorong agar pemerintah nantinya dapat mendorong produksi dan menggerakkan ekonomi daerah. Untuk mewujudkan itu harus ada inovasi, kreativitas pemasaran. Ia mencotohkan di sektor primer seperti padi, usahakan mendorong sektor tasiernya.

“Jadi di sini bagaimana kita bisa mendorong industri yang berbasis komuditas unggulan. Seperti sapi, jangan bangga menjual sapi saja, namun bagaimana memikirkan ada usaha penggilingan daging sapi, apalagi di Bone lumbungnya sapi,” katanya.

“Termasuk memberikan perhatian kepada perusahan daerah. Kalau memang perusahan daerah tersebut tidak bisa memberikan keuntungan, minimal memperlihatkan kualitas dan pengembangan pelayanan masyarakat,” tambahnya.

Tidak sampai disitu saja, persoalan perizinan juga harus menjadi perhatian pemerintah daerah. Menurut Bakti biaya dan waktu dalam mengurus perizinan harus jelas. “Kalau perlu masyarakat dipermudah, dan prosesnya dipersingkat,” tuturnya.

Selanjutnya harapan Bakti agar pemerintah daerah bisa menciptakan sedikit kebanggan bagi Bone.
Benahi kota, tangani ibu kota dengan baik. Pertama adalah kebersihan, kemudian ketertiban, dan keteraturan.
Kemudian ciptakan icon-icon baru di Bone.

“Saya melihat yang masih kurang di sini di Bone bagian Utara dan Selatan,” terangnya.

“Kalau ini mampu diwujudkan, saya yakin dalam jangka waktu satu tahun Bone sudah bisa meraih piala Adipura,” tambahnya.

Kalau persoalan kinerja AsN selama memimpin, Bakti merasakan sebuah SDM yang besar. Sisa memperjelas arah dan pembagian tugas OPD. Setelah itu mengendalikan dan melakukan evaluasi. “Selain itu harus ada penerapan sanksi,” tandasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top