Ujian Sekolah Utama Tingkat SD/MI Digelar – Radar Bone

Radar Bone

Metropolis

Ujian Sekolah Utama Tingkat SD/MI Digelar

RADARBONE.CO.ID_WATAMPONE–Setelah SMP dan SMA menyelesaikan ujian nasional. Kini giliran murid SD akan mengikuti ujian sekolah (US) utama secara serentak, 15-17 Mei lusa. Berbagai persiapan dilakukan Dinas Pendidikan Kabupaten Bone untuk mendongkrak prestasi siswa.

Jika sebelumnya ujian akhir pada tingkat SD sederajat ini dikenal dengan nama Ujian Akhir Sekolah Bertaraf Nasional (UASBN). Tahun ini, ujian di tingkat sekolah dasar berganti nama menjadi Ujian Sekolah Utama.

Pihak Dinas Pendidikan Kabupaten Bone melalui Kepala Bidang TK/SD, Drs Budiman, MPd menyatakan telah melakukan berbagai persiapan untuk pelaksanaan US SD tersebut. Sejauh ini, kata dia pihaknya tidak menemukan kendala yang serius. Naskah soal US SD dari seluruh kecamatan telah didistribusikan. Bahkan pengawas ruang yang akan bertugas pada pelaksanaan US SD telah dibentuk. “Jadi kami berharap selama US SD berlangsung, semuanya berjalan lancar dan sukses,” harapnya.

Satu-satunya kendala yang dihadapi adalah naskah soal US SD yang disimpan di Polsek Kejuara rusak akibat tergenang air. “Untungnya, pihak anggota Polsek Kajuara sigap bertindak, sehingga naskah soal US yang rusak hanya lima sekolah yakni  SD Inpres 12/79 Lappa Bosse, SD Inpres 12/79 Abbumpungeng, SD Inpres 5/81 Buareng, SD Negeri 268 Mallahae dan SDN 269 Ancu,” ungkapnya.

Untuk mengantisipasi pelaksanaan US SD di Kecamatan Kajuara berjalan lancar, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan pihak Dinas Pendidikan Provinsi Sulsel agar dikirim naskah soal US pengganti. “Kami sudah koordinasi. Naskah soal US SD tersebut bakal dikirim sore ini (Minggu sore),”paparnya.

Terkhusus untuk pengamanan naskah ujian agar terhindar dari kebocoran. Menurut Budiman sudah diantisipasi dengan melibatkan pengawalan ketat dari pihak kepolisian.

“Dan untuk mengantisipasi kebocoran naskah soal, proses distribusi dikawal ketat oleh pihak kepolisian,” bebernya.
Adapun peserta yang akan mengikuti Ujian Sekolah Utama tingkat SD/MI tahun ini mencapai 14.499 siswa. Ini terbagi atas peserta laki-laki sebanyak 7.487 orang, dan perempuan 7.012 orang.

Budiman berharap prestasi ujian tingkat SD tahun ini meningkat dari tahun sebelumnya. Diketahui. prestasi hasil ujian SD tahun pelajaran 2015-2016 menunjukkan prestasi yang membanggakan. Jika tahun pelajaran 2014-2015, hasil UASBN berada di posisi kelima tingkat provinsi Sulsel. Tahun 2015/2016, prestasinya naik dua peringkat ke posisi tiga dengan total nilai 228,39. Berdasarkan jumlah nilai ujian sekolah/madrasah SD/MI, SDLB, Paket A tahun pelajaran 2015/2016 peringkat pertama se Sulsel berhasil diraih Kabupaten Sidrap yang mencatat total nilai 237,13. Menyusul Barru di peringkat kedua yang membukukan total nilai 230,75.

Kemudian di posisi ketiga berhasil diraih Kabupaten Bone yang mengantongi total nilai 228,39. Di belakangnya ada Palopo di urutan keempat dengan total nilai 228,18, dan Makassar di peringkat kelima yang memiliki total nilai sebanyak 222,66.

(*)

To Top