UMKM Kabupaten Mappi Pelatihan Olah Ikan Gastor Jadi Kapsul di Politani Pangkep – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

UMKM Kabupaten Mappi Pelatihan Olah Ikan Gastor Jadi Kapsul di Politani Pangkep

RADARBONE.CO.ID–Ketua Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Politeknik Pertanian Negeri Pangkep (PPNP) Andi Yuslim Patawari SSTPi, MP. tampil sebagai pemateri dalam acara pelatihan di kampus Politani Pangkep, Rabu 24 Mei 2017.

Pelatihan yang dilakukan di Laboratorium Pengolahan Hasil Perikanan Politani Pangkep tersebut diikuti 12 peserta dari Kabupaten Mappi, Provinsi Papua Barat Pelatihan dilangsungkan selama lima hari mulai Senin 22 Mei lalu hingga Sabtu 27 Mei 2017.

Ketua LSP Politani Andi Yuslim Patawari, SSTPi,MP. dalam rilis Ke RADARBONE.CO.ID mengatakan, workshop tersebut bertema Pengolahan Daging Ikan Gastor Menjadi Kapsul.

“Kegiatan ini kerja sama Politani Pangkep dengan Dinas Perindustrian Perdagangan Kabupaten Mappi Provinsi Papua Barat,” katanya.

Tujuan pelatihan ini untuk memberikan keterampilan kepada pelaku Usaha Masyarakat Kecil Menengah (UMKM) yang berasal dari Kabupaten Mappi dalam melakukan pengolahan ikan untuk menambah nilai jual dan kualitas produk dan Kompetensi Pelaku Usahanya.

Kabupaten Mappi dikenal dengan julukan kabupaten sejuta rawa. Hal ini didasarkan wilayah kabupaten tersebut sebagian besar adalah rawa. Kondisi ini memiliki potensi ikan Gastor atau ikan Gabus sebagai sumber daya alam perikanan yang paling menonjol.

“Pihak UMKM Kabupaten Mappi ingin meningkatkan nilai ekonomi dari ikan Gastor tersebut. Daerah Mappi dikenal dengan produk ikan Gastor yang melimpah. Ukuran ikan ini di sana bisa sampai 20 kg per ekornya,” ujar Yuslim.

Hadir mendampingi peserta adalah Pelaksana tugas Kepala Dinas Perdagangan dan Koperasi (Kadis Perdakop) dan UMKM Kabupaten Mappi Drs Agus Heri Nasikin. Tampak pula Kabid Koperasi dan UMKM Veronica Remetwa.

Politani Pangkep telah melakukan kerjasama dengan beberapa instansi pemerintahan dan swasta dalam hal pelatihan dan uji sertifikasi kompetensi. “Dan pelatihan ini salah satu bagian kami untuk meningkatkan kompetensi dari pelaku UMKM di Kabupaten Mappi,” kata Veronica.

To Top