UNBK Paket C Dimulai, Peserta Kesulitan Kerjakan Soal – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

UNBK Paket C Dimulai, Peserta Kesulitan Kerjakan Soal

RADARBONE.CO.ID_WATAMPONE–Ujian nasional berbasis komputer (UNBK) Paket C mulai digelar, Selasa, 10 Oktober kemarin. Rencananya UNBK akan berlangsung hingga 13 Oktobern 2017.

Minimnya simulasi ditambah tidak adanya bimbingan keterampilan komputer dilaksanakan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) sebagai penyelenggara ujian, diduga menjadi pemicunya.

“Kalau pengaplikasian komputer dalam ujian ini lancar, namun tingkat kesulitan kami hanya pada pengerjaan soalnya,” kata Ferdiansyah, salah seorang peserta UNBK Paket C yang ditemui usai pelaksanaan ujian, Selasa, 10 Oktober kemarin.

Salah satu PKBM penyelenggara UNBK Paket C mengatakan, pelaksanaan bimbingan keterampilan komputer diinstruksikan kepada peserta untuk melakukan bimbingan di luar.

“Memang kami tidak pernah melakukan bimbingan kepada peserta, karena kami telah instruksikan untuk bimbingan di luar, yakni pengaplikasian komputer karena ini menggunakan sistem UNBK. Ini kami lakukan karena kami juga tidak bisa bimbing peserta kalau belum ada kejelasan untuk ikut ujian meski kami sudah input datanya, karena nanti dia bisa ikut kalau kartu ujiannya sudah keluar sementara kartu ujian keluar pada saat menjelang ujian,” kata A Mislam Rasyid, Sekretaris PKBM Armila.

Diakui Mislam, pelaksanaan UNBK Paket C ini cukup ketat. Hanya PKBM yang sudah terakreditasi dan melakukan penginputan data di Dapodik (Data Pokok Pendidikan) saja yang bisa menyelenggarakan UNBK.
Ketatnya aturan pusat ini membuat tiga PKBM mundur, sehingga tersisa hanya lima PKBM yang menyelenggarakan UNBK Paket C.

Kelimanya adalah PKBM Armila, PKBM Anugrah, PKBM Rashara, PKBM Al Mujahidin dan PKBM Mattiro Deceng.
“Dari lima PKBM yang jadi penyelenggara ujian ini memang hanya itu yang siap melaksanakan ujian, namun sebelumnya beberapa yang akan jadi penyelenggara tapi mengundurkan diri,” ungkapnya.

*

Click to comment
To Top