UPP Datangkan Dua Armada Tambahan – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

UPP Datangkan Dua Armada Tambahan

Penumpang mulai berdesakan di atas feri menyusul lonjakan penumpang pada mudik lebaran, Selasa malam, 20 Juni lalu.

Antisipasi Puncak Mudik Lebaran

PENULIS : BAHARUDDIN

RADARBONE.CO.ID_WATAMPONE–Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas III Bajoe mendatangkan armada tambahan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang jelang puncuk mudik lebaran Idul Fitri 1438 H.

Kepala Kantor UPP Kelas III Bajoe, M Asgar mengatakan dua feri tambahan tersebut adalah KMP Mandala dan KMP Muna. KMP Mandala sudah tiba di Pelabuhan Bajoe dan sudah diperiksa kelayakannya pasca menjalani docking (perawatan). Sementara KMP Muna dijadwalkan tiba hari ini dari Makassar pasca docking.

“Besok ada juga KMP Muna masuk dari Makassar setelah docking. Maka jumlah kapal secara keseluruhan yang akan difungsikan menjelang hari raya ini sebanyak delapan unit,” jelas Asgar.

Lanjut dia, dua feri yang baru keluar dari galangan docking tersebut. Selanjutnya diperiksa kelayakannya. Pemeriksaan kelayakan kapal diawali pada KMP Mandala, Rabu, 21 Juni kemarin. “Pasca docking, KMP Mandala diuji coba sebelum beroperasi,” jelas Asgar.

Pria yang belum sebulan memimpin UPP Kelas III Bajoe ini menambahkan selain ada dua feri yang masuk, juga ada satu feri yang akan masuk docking, yakni KMP Dharma Kartika I.

Sementara itu Manajer Usaha PT ASDP Cabang Bajoe, Fuad Bahruddin mengungkapkan jumlah penumpang mulai H-7 hingga H-5 mulai menunjukkan peningkatan, meski belum signifikan.

Pada H-7 jumlah penumpang sebanyak 484 orang. Ini terbagi atas penumpang pejalan kaki berjumlah 104 orang. Kemudian penumpang dalam bus 380 orang. Pada H-6, jumlah penumpang bertambah menjadi 545 orang. Terdiri dari penumpang pejalan kaki 91 orang dan di atas bus 454. Kemudian pada H-5, jumlah penumpang 645 orang, terbagi atas penumpang pejalan kaki 116 orang dan penumpang atas bus sebanyak 539 orang.”Selama memasuki H-7 sudah ada peningkatan, tapi belum seberapa, karena masih muat tiga unit kapal perhari,”jelasnya.

*

Click to comment
To Top