UPTD RS Datu Pancaitana Segera Beroperasi – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

UPTD RS Datu Pancaitana Segera Beroperasi

Bupati Bone, Dr HA Fahsar Mahdin Padjalangi, MSi didampingi Wakil Bupati Bone, Drs H Ambo Dalle, MM saat menghadiri peresmian UPTD RS Pancaitana, Selasa 15 November kemarin.

PENULIS : BAHARUDDIN

WATAMPONE, RB—Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Rumah Sakit Datu Pancaitana segera beroperasi. Ini ditandai dengan peresmian fasilitas kesehatan tersebut oleh Bupati Bone, Dr HA Fahsar M Padjalangi MSi, Selasa 15 November kemarin. Rumah sakit tipe C tersebut dibangun untuk menopang pelayanan kesehatan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tenriawaru Kabupaten Bone dan sebagai rujukan puskesmas-puskesmas yang ada di Bumi Arung Palakka.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Bone, dr Hj A Kasma Padjalangi me-ngatakakan, pengoperasian Rumah Sakit Datu Pancaitana, bertujuan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di Kabupaten Bone. “Rumah sakit yang dibangun itu bukan karena diharapkan warga untuk sakit, tapi ini salah satu upaya pemerintah untuk mengantisipasi banyaknya orang sakit. Rumah sakit ini nantinya, akan menjadi rujukan puskesmas-puskesmas yang ada di Kabupaten Bone,” ujarnya.
Jika pasien yang dirawat di Rumah Sakit Pancaitana tidak mampu ditangani tenaga kesehatan, maka lanjut Kasma, pasien tersebut baru dirujuk ke RSUD Tenriawaru Bone.

“Kami membangun rumah sakit ini agar dapat membantu masyarakat agar jauh dari berbagai macam penyakit,” tegas kakak kandung Bupati Bone, HA Fahsar M Padjalangi.
Kasma juga menjamin dokter yang bertugas di Rumah Sakit Datu Pancaitana, seluruhnya tenaga ahli dan profesional di bidangnya. “Semua dokter di puskesmas yang ada di Kabupaten Bone juga bertugas di rumah sakit tersebut,” terangnya.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Bone, Anwar menambahkan, rumah sakit tipe C tersebut sudah siap difungsikan.“Kemarin memang ada beberapa kendala sehingga rumah sakit ini belum bisa difungsikan. Salah satunya belum adanya perbup (Peraturan Bupati) yang mengatur tentang pembentukan UPTD Rumah Sakit Datu Pancaitana. Namun setelah perbupnya terbit pada Mei lalu, rumah sakit ini sudah siap beroperasi,” terangnya.
Saat ini lanjut Anwar, pihak rumah sakit masih fokus melakukan perekrutan tenaga kesehatan yang akan bertugas di rumah sakit tersebut.

“Ada 1800 lebih berkas pelamar untuk tenaga kesehatan (Perawat) yang masuk dan ini yang sementara kita seleksi,” terangnya.
Adapun faslitas yang disiapkan di rumah sakit tipe C tersebut lanjut Anwar, meliputi ruang rawat inap, ruang VIP dan bangsal dengan kapasitas tempat tidur mencapai 50 unit.
Terpisah, Bupati Bone, Dr HA Fahsar M Padjalangi MSi menegaskan, pembangunan rumah sakit tipe C ini sengaja memilih di Kelurahan Biru Kecamatan Tanete Riattang, agar bisa membackup pasien dari kecamatan supaya tidak berjubel di RSUD Tenriawaru.
Penamaan Rumah Sakit Pancaitana diambil dari nama salah seorang Raja/Ratu Bone ke-28 yang memerintah pada tahun 1857-1860, We Tenria Waru Sultanah Ummulhuda, PANCAITANA, Besse Kajuara, MatinroE ri Majennang.

*ASKAR SYAM

To Top