Wah, Apakah Senjata Nuklir? Gas Mirip Bahan Pembunuh Kim Jong-nam Tewaskan 60 Warga Syria – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Wah, Apakah Senjata Nuklir? Gas Mirip Bahan Pembunuh Kim Jong-nam Tewaskan 60 Warga Syria

RADARBONE.CO.ID–Nyaris 60 orang warga Syria termasuk 11 anak meninggal dunia dalam serangan senjata kimia di Provinsi Idlib, Selasa 4 April 2017. Meskipun gas yang digunakan sebagai senjata ini belum teridentifikasi, para ahli mencurigai bahan ini mirip dengan bahan kimia pelumpuh saraf yang menewaskan saudara tiri Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, Kim Jong-nam, Februari tahun ini.

Bahan kimia pelumpuh saraf yang dikenal dengan VX Nerve Agent ini merupakan jenis senjata kimia yang sangat mematikan dan melumpuhkan sistem saraf. Setidaknya begitu yang dikatakan Centers for Disease Control and Prevention (CDC), Amerika.

Ada beberapa tipe (pelumpuh saraf/nerve agent) yang sangat dikenal seperti Gas Sarin. Gas yang pernah menewaskan 12 orang anggota sekte Aum Shinrikyo di jalan raya bawah tanah Tokyo, 1995.

Kasus Gas Sarin yang paling tenar saat Pemerintah Syria melepas bahan ini di pinggiran Kota, Damaskus pada 2013 yang menewaskan setidaknya 1.000 orang, seperti dikutip dari The New York Times. Usai serangan itu, Presiden Syria Bashar al-Assad mengatakan bakal kehilangan senjata-senjata kimia yang dimilikinya karena akan menghancurkan produksi dan fasilitas gudang bahan kimia ini.

BACA JUGA  Jelang Akhir Tahun, Dewan Kebut Tiga Ranperda

Bahan lain seperti Soman dan Tabun yang sifatnya tak berwarna, bening, bentuknya cairan tak berasa dan sedikit beraroma buah-buahan. Dua bahan ini dapat menjadi uap saat dipanaskan.

Sarin, Soman, dan Tabun semua merupakan jenis insektisida yang dikembangkan pada 1930-an dan 1940-an. Pestisida ini, sebagaimana pelumpuh saraf lain termasuk golongan organophosphate. Nerve agent dan insektisida ini kerjanya mirip namun efeknya bisa lain pada bagian tubuh yang berbeda.

“Meski begitu, ada gejala-gejala yang mirip satu sama lain,”ujar Kepala Gawat Darurat di Fakultas Kedokteran Rutger New Jersey Dr. Lewis Nelson.

Click to comment
To Top