Wah, DAK Sinjai Dipangkas 10 Persen – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Wah, DAK Sinjai Dipangkas 10 Persen

Bupati Sinjai, HM Sabirin Yahya SSos

SINJAI, RB–Pemerintah pusat mengeluarkan surat edaran Nomor SE.10/MK.07/2016, tentang pengurangan atau pemotongan Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik secara mandiri.
Berdasarkan surat edaran tersebut, besaran DAK untuk program fisik yang dipangkas mencapai 10 persen atau Rpp21,8 miliar dari total dana, Rp218 miliar. Bupati Sinjai, HM Sabirin Yahya mengatakan, kebijakan pemerintah pusat yang memangkas DAK, berimbas pada postur Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2016 serta dana perimbangan.
“Alasan pemerintah pusat memangkas DAK, karena adanya perubahan asumsi makro dan target penerimaan negara, sebagai dampak ekonomi domestik dan global,” ungkapnya kepada RADAR BONE, Senin 18 April kemarin.
Bupati mengakui, kebijakan pemerintah pusat yang memangkas DAK, akan berpengaru pada program pembangunan yang sudah sudah tertuang di APBD dan merugikan masyarakat.
“Harus diakui, kebijakan yang dikeluarkan pemerintah pusat, sangat merugikan pemerintah daerah dan Masyarakat Sinjai. Terkhusus dari sektor pendapatan daerah juga terkena imbasnya. Anggaran untuk pembangunan infrastruktur di beberapa SKPD yang dananya bersumber dari DAK, tentu akan ikut dipangkas,” imbuhnya.

To Top