Wah Pengadaan Foto Gubernur di Bone Diduga Sarat Bisnis – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Wah Pengadaan Foto Gubernur di Bone Diduga Sarat Bisnis

PENULIS : AGUSTAPA

RADARBONE.CO.ID_WATAMPONE–Musyawarah Kelompok Kerja Kepala Sekolah SMA bekerjasama UPT Wilayah Bone diduga melakukan praktik bisnis. Foto gubernur dan wakil gubernur yang akan dipajang di sekolah dijual mahal.

Seiring beralihnya SMA ke Pemerintah Provinsi Sulsel, pihak sekolah pun diwajibkan memajang foto gubernur dan wakil gubernur Sulsel di sekolah masing-masing, meski diketahui masa bakti Gubernur-Wakil Gubernur Sulsel.
H Syahrul Yasin Limpo-Agus Arifin Nu’mang akan berakhir dalam waktu dekat.

Hanya saja, pengadaan foto tiap SMA dan SMK ini terkesan dibisniskan. Betapa tidak, dua pasang foto, yakni gubernur dan wakil gubernur dibanderol Rp750 ribu.  Tak pelak, sejumlah kepala sekolah pun mengeluh pengadaan foto yang dilaksanakan MKKS SMA kerjasama UPT tersebut.

Kepala SMA Negeri 7 Bone Drs Abd Salam Basir yang dikonfirmasi RADAR BONE, Minggu, 3 Desember lalu mengatakan jika pengadaan foto gubernur dan wakil gubernur diwajibkan, maka pihaknya tidak bisa menolak, kendati diakui foto dimaksud dibanderol dengan harga mahal.

“Kalau saya belum ambil, masih pikir-pikir karena terlalu mahal. Kalau mau dibandingkan dengan harga pasaran, foto yang disiapkan oleh MKKS itu terlalu mahal,” kata Salam Basir.
Salam Basir menegaskan dirinya mempertanyakan ke pihak MKSS hal yang membuat foto tersebut dibanderol jauh di atas harga di pasaran.

“Selaku kepala sekolah, saya juga mempertanyakan harga foto tersebut. Karena hanya dua pasang foto dihargai dengan Rp750 ribu. Itu mahal,” ungkap mantan Ketua MKKS SMA tersebut.

Kepala SMA lainnya berinisial MD menilai harga foto gubernur dan wakil gubernur yang ditetapkan MKSS dinilai tak masuk akal.

“Kalau harganya sebesar itu, tentu saya selaku kepala sekolah masih pikir-pikir,” kata kepsek yang enggan dikorankan namanya tersebut.
Diakui MD, pengadaan foto gubernur dan wakil gubernur pernah dibicarakan dalam rapat MKKS. Cuma saja, pada rapat tersebut tidak dibahas soal harga.

“Makanya saya terkejut pada saat ada informasi lewat grup WA MKKS SMA yang meminta para kepala sekolah untuk singgah di kantor UPT mengambil foto gubernur dan wakil gubernur dengan menyiapkan dana Rp750.000 untuk dua pasang,” katanya.

Sekretaris MKKS SMA Kabupaten Bone, Muhammad Idris yang dikonfirmasi RADAR BONE, Minggu, 3 Desember lalu tak menampik harga foto gubernur dan wakil gubernur dibanderol Rp750 ribu.
Namun sebelum dilakukan pengorderan foto, telah diawali dengan rapat musyawarah dengan para kepala sekolah melalui wadah MKKS SMA.

“Pengadaan foto gubernur dan wakil gubernur telah disepakati dan diorder beberapa bulan lalu oleh kepala sekolah. Akan tetapi, barangnya baru ada, makanya kami meminta kepada teman-teman kepala sekolah untuk mengambil orderannya,” katanya.

Mengenai harga, kata Idris itu tidak mahal, karena harga foto sudah termasuk bingkai.
“Jadi bukan hanya sekadar foto saja, namun dua pasang foto itu dilengkapi dengan bingkai. Dan bingkainya memang bagus,” jelas Idris.

Karenanya Idris menolak MKKS disebut membisniskan foto gubernur dan wakil gubernur. Dalam pengadaan foto, sambung Idris pihaknya cuma memfasilitasi.

“Salah satu yang melatarbelakangi pengadaan foto itu, karena Kepala Dinas Pendidikan Provinsi pernah berkunjung di salah satu sekolah, namun tidak didapatkan foto gubernur dan wakil gubernur terpajang, padahal sudah peralihan kewenangan.

Makanya, teman-teman kepala sekolah sepakat untuk menyeragamkan foto gubernur dan wakil gubernur untuk dipajang di sekolahnya,” terang Idris.

*

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top