Wah Rehab Trotoar Jl Ahmad Yani Disorot. Cor Diatas Tegel – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Wah Rehab Trotoar Jl Ahmad Yani Disorot. Cor Diatas Tegel

RADARBONE.CO.ID_WATAMPONE–Proyek rehabilitasi saluran drainase dan trotoar di Jl Ahmad Yani, tepatnya di depan Kantor Bupati Bone mengundang sorotan dari berbagai kalangan. Pasalnya, pemasangan cor slop beton diduga menyalahi bestek.

Betapa, slop langsung dipasang di atas tegel bekas trotoar lama, tanpa dilakukan penggalian atau membuka tegel. Kondisi ini dipastikan akan mengurangi daya rekat cor karena tidak menyatu dengan tanah.
Wakil Ketua Komisi III DPRD Bone, H Kaharuddin mengatakan, tidak dibenarkan adanya pemasangan cor yang hanya ditempel di atas tegel.

“Itu jelas melanggar dan harus dibongkar. Saya mendukung jika DKPP (Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan) memerintahkan membongkar itu,” tegasnya.

Lanjut Kaharuddin, pihaknya mengingatkan kepada kontraktor untuk tidak cuma mengejar keuntungan dengan mengabaikan kualitas proyek yang dikerjakan.

Salah seorang kontraktor bernisial AM mengatakan sejatinya pengecoran seperti diawali dengan penggalian, sehingga daya rekat material semakin kuat. “Idealnya digali dulu baru cor slop-nya. Atau paling tidak dihancurkan tegelnya sehingga cor bisa menyatu dengan beton di bawahnya,” tutur AM.

AM mengakui kontraktor saat ini sulit bekerja sesuai bestek karena diduga potongan fee sebelum pekerjaan dimulai.
Berdasarkan informasi pada papan proyek, pekerjaan rehabilitasi drainase dan trotoar di depan kantor bupati tersebut menelan anggaran sebesar Rp167 juta dengan masa kerja selama 120 hari. Proyek ini dianggarkan melalui Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan

*

To Top