Wah Takaran Elpiji 3 Kg Ditempeli Besi Pemberat – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Wah Takaran Elpiji 3 Kg Ditempeli Besi Pemberat

RADARBONE.CO.ID_WATAMPONE–Konsumen elpiji 3 kg di daerah ini dirisaukan dengan beredarnya tabung yang sudah dipasangi besi pemberat. Ada dua potong besi di tempel pada sisi dalam pegangan tabung. Sepintas besi pemberat ini tak terlihat jika tak diperhatikan secara seksama.

Salah seorang konsumen asal Kecamatan Cina, Putri menduga potongan besi yang ditempel pada tabung elpiji melon tersebut sebagai modus kecurangan untuk mengurangi isi elpiji 3 kg. Pasalnya, tak semua elpiji 3 kg dilengkapi potongan besi seperti itu.

“Kami curiga kalau ini permainan untuk mengurangi isi tabung. Jadi mungkin isinya dikurangi. Dan untuk mencukupkan tiga kilogram, maka ditambahkan besi pemberat,” ungkap Putri.

Hal yang sama ditemukan pada konsumen di dalam kota bernama Ica. Ica mengaku heran menemukan elpiji 3 kg sudah ditempeli potongan besi. Sekretaris Dinas Perindustrian Kabupaten Bone, A Chandra Batara yang dikonfirmasi terkait temuan warga tersebut, mengatakan tabung sengaja ditampeli potongan besi untuk menyetarakan berat tabung, yakni 5 kg.

“Sebenarnya tabung dalam keadaan kosong itu beratnya 5 kg. Kemudian ditambah isi 3 kg, sehingga beratnya 8 kg. Tapi karena ada tabung yang beratnya tidak sampai 5 kg, maka itulah yang ditambal potongan besi supaya bobotnya sama 5 kg,” jelas Chandra.

Kepala Bidang Pengawas Industri, H Hasbullah menambahkan, sebelumnya banyak konsumen yang komplain terhadap kondisi tabung tersebut. Namun setelah ditelusuri ternyata potongan besi yang menempel pada tabung dimaksudkan untuk menyamakan berat tabung.

”Jadi, tidak ada permainan, justru adanya potongan besi itu sehingga membuat elpiji sama berat,” kunci Hasbullah seraya mengakui berat tabung tidak merata, sehingga diakali dengan tempelan potongan besi tadi.

*

To Top