Wah, Warga Ini Sulap Limbah Paralon Jadi Lampu Hias – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Wah, Warga Ini Sulap Limbah Paralon Jadi Lampu Hias

RADARBONE.CO.ID_WATAMPONE-Pemanfaatan limbah selain menyelamatkan lingkungan juga akan meningkatkan perekonomian masyarakat.Namun hanya segelintir masyarakat yang peduli akan hal ini. Salah satunya, Kabid Sosial dan Pemerintahan Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbanda) Kabupaten Bone, Andi Andrie Apriyanto Mashuri SSTP.

Menjadi salah seorang dari 40 orang peserta Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan III Angkatan XVII PKP2A II LAN RI Makassar, Andrie yang ditantang melakukan inovasi proyek perubahan kemudian memilih judul ‘Pemberdayaan Masyarakat Desa/Kelurahan Melalui Limbah Pipa Paralon Menjadi Lampu Hias’.

Dua kelompok masyarakat pun dibinanya masing-masing Kelompok Kawerang Mandiri Kelurahan Manurungnge Kecamatan Tanete Riattang dan Kelompok Usaha Limbah Mandiri Desa Tanete Harapan Kecamatan Cina.

“Saya sengaja memilih inovasi ini sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan melihat banyaknya limbah dari plastik salah satunya paralon,” ungkapnya.

Kabid Sosial ini pun berharap setelah melakukan pembinaan dengan terhadap puluhan pemuda putus sekolah dan pengangguran, maka diharapkannya bisa membuka lapangan kerja dan pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan masyarakat tersebut.

“Hal selanjutnya yang harus dipikirkan ketika usaha warga ini berkembang yakni pemasaran hasil keterampilan. Tentunya harus melibatkan stakeholder terkait,” imbuhnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top