Wajo ‘Banjir’ Baliho Cabup – Radar Bone

Radar Bone

Uncategorized

Wajo ‘Banjir’ Baliho Cabup

Baliho bakal calon bupati Wajo mulai bertebaran di jalan-jalan protokol di Kabupaten Wajo. Baliho dan poster yang dipasang tim sukses bakal calon mulai terlihat semrawut.

SENGKANG, RB–Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Wajo masih menyisakan dua tahun lagi. Namun sejumlah nama bakal calon bupati mulai bermunculan. Para bakal calon bupati di Bumi Lamaddukelleng mulai berlomba menggalang dukungan pemilih.

Secara garis besar, bakal calon ini ada yang berasal dari kalangan Partai Politik (Parpol) dan ada yang tidak memiliki partai (non partai). Berbagai upaya dalam rangka mensosialisasikan diri dilakukan ke masyarakat. Alat peraga sosialisasi seperti Kalender dan Baliho pun mulai bertebaran dimana-mana.

Baliho-baliho yang bertebaran saat ini rata-rata didominasi oleh bakal calon non partai. Hal itu dianggap wajar oleh masyarakat mengingat para bakal calon non partai ini merupakan pendatang baru yang dianggap perlu untuk mensosialisasikan diri guna mengangkat popularitas mereka di masyarakat.

“Memang seharusnya seperti itulah yang harus mereka lakukan sebagai pendatang baru. Karena sehebat apapun seorang bakal calon, kalau tidak ada yang kenal, mana bisa dipilih oleh masyarakat. Yang dikenal saja belum tentu dipilih, lebih-lebih kalau tidak dikenal,” kata Ilham Warga Kecamatan Bola.

Dari data yang berhasil diperoleh, ada beberapa figur pendatang baru yang kini gencar mensosialisasikan diri, seperti H Amran dari kalangan pengusaha, Andi Undru Mario yang merupakan seorang TNI, Andi Syahrial Makkuradde (Mantan Camat Tempe), dr Baso Rahmanuddin (Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Wajo/Menantu Bupati Wajo), Ridwan Angka (Mantan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Wajo), Andi Tamrin (Mantan Direksi BUMD Wajo), Andi Fadillah Burhanuddin (Lurah Siengkang) yang juga putri bungsi Bupati Wajo HA Burhanuddin Unru dan H Firmansyah Perkesi (Kepala Dinas PSDA Wajo).

Selain bakal calon dari kalangan non partai, ada beberapa nama dari kalangan Parpol yang diwacanakan bakal ikut berkompetisi dalam Pilkada Wajo 2018 mendatang tersebut, di antaranya HA Amran Mahmud (PAN), H Risman Lukman (Legislator PPP), Darmawan Sanusi (Nasdem), Andi Tenri Lengka dan Baso Oddang (PDI Perjuangan).

Sementara Partai Golkar yang merupakan partai Penguasa di kabupaten Wajo belum mengeluarkan sinyal pasti terkait figur yang bakal melanjutkan pemerintahan Bupati wajo HA Burhanuddin Unru. Kuat dugaan itu dikarenakan ada dua figur yang dinilai layak mengendarai partai Golkar, antara menantu Bupati, dr Baso Rahmanuddin (Kadis Kesehatan Kabupaten Wajo) dan putri bungsu Bupati, Andi Fadillah Burhanuddin (Lurah Siengkang).

Selain menyebar baliho, para ‘Pendatang baru’ ini juga gencar melakukan sosialisasi dengan terjun langsung ke masyarakat hingga ke pelosok-pelosok daerah terpencil sekalipun. Tak hanya sekedar memperkenalkan diri dan memberikan harapan-harapan, sejumlah bakal calon ini juga tak segan-segan memberikan bantuan materi kepada masyarakat dengan harapan mampu menarik simpatik dari masyarakat yang mereka kunjungi.

Beberapa kalangan berharap, apa yang telah dilakukan oleh para bakal calon tersebut, utamanya dalam memberikan bantuan-bantuan materi kepada masyarakat, tidak hanya dilakukan sekedar ingin mendapat dukungan semata. Hal itu juga ditanggapi oleh salah seorang aktivis PMII, Firmansyah. Menurutnya, pemandangan seperti itu sudah lumrah terjadi, apalagi menjelang Pilkada.

“Tidak ada yang salah dengan apa yang mereka lakukan sebagai pendatang baru di dunia politik kabupaten Wajo ini. Mereka perlu bersosialisasi dengan masyarakat agar nantinya mereka bisa mendongkrak popularitasnya. Tentu untuk mengumpulkan masyarakat kan juga kadang butuh sesuatu yang menarik, seperti memberikan bantuan seperti itu. Cuma kami selaku masyarakat biasa mengharapkan agar bantuan-bantuan seperti itu jangan hanya sekedar dijadikan modus. Jangan sampai setelah terpilih nantinya, mereka malah lupa dengan warganya,” ungkap Firmansyah.

*

To Top