Wakil Bupati Apresiasi Launching FKBS dan RB Phiosophia Bone – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Wakil Bupati Apresiasi Launching FKBS dan RB Phiosophia Bone

 

 

RADARBONE CO.ID, WATAMPONE–Forum Kampung Bahasa Sulawesi (FKBS) Kabupaten Bone dan Rumah Baca Philosophia Kabupaten Bone. Menggelar Diskusi Publik dengan tema ‘Pendidikan tanpa Kasta’ yang dirangkaikan dengan launching FKBS dan Rumah Baca Philosophia, Minggu 3 September di salah satu cafe di Kota Watampone.

Tampil sebagai pemateri, Wakil Bupati Bone, Drs. H. Ambo Dalle, MM, Kapolres Bone, AKBP. Muh. Kadarislam. S.H., S.IK M.Si, Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Bone, Ir. Andi. Promal Pawi, M.Si ),Kepala SMA Islam Athirah Bone
Syamsul Bahri, S.Pd, Koordinator Dewan Presidium FKBS & Dewan Pendiri Rumah Baca Philosophia, Andi Zulkarnain, S.E., M.Si.

“Dengan adanya diskusi, FKBS dan Rumah Baca Philosophia ini, kami merasa memiliki teman berjuang. Kedepannya kami berharap bahwa gerakan ini akan menjadi gerakan progresif untuk kalangan muda”, ungkapnya.

Andi Zulkarnain mewakili FKBS yang juga merupakan Koordinator Dewan Presidium menjelaskan bahwa inti dari gerakan FKBS adalah semangat Lao Sappa Deceng, Lisu Mappadeceng (Pergi Mencari Kebaikan dan Pulang untuk Memperbaiki).

“Mayoritas kami adalah alumni dari Kampung Bahasa Pare, Kediri, Jawa Timur. Teman-teman yang pergi ke Pare mengorbankan banyak hal, biaya, waktu, tenaga, psikologi. Maka dari itu, FKBS dibuat agar derita pelajar seperti itu bisa dikurangi, khususnya di Sulawesi.” Andi Zulkarnain menjelaskan filosofi berdirinya FKBS.

Menurutnya, masyarakat miskin tidak selalu butuh uang tunai, tapi juga butuh kemampuan atau skill.

FKBS juga sebagai respon atas kekecewaan kita atas kapitalisasi pendidikan, “elitisasi” pengetahuan dan ‘mahalisasi’ ilmu yang semakin akut.

“Salah satu cara mengkritik kapitalisasi di bidang pendidikan adalah dengan membuat lembaga dan gerakan tandingan, salah satunyaRumah Baca Pgilosopgia dan FKBS. Karena mengutuk kegelapan saja tak cukup, namun harus juga menyalakan lilin.” Ucap Andi Zulkarnain.

Rumah Baca Philosophia sudah 9 tahun berdiri di Makassar dengan 5000 judul buku yang bisa di baca dan pinjam gratis. FKBS sudah 5 tahun berkarya di Makassar, Bulukumba dan Sinjai dengan 6000an alumni yang belajar Bahasa Inggris dengan murah dan ada 7 pihak yang gratis, termasuk kaum miskin, difabel, aktivis civil society, dll. Kami penggerak dari dua organ tersebut yang berdarah Bone takut “mabusung” atau berdosa jika kami melakukan hal baik di kampung orang, tapi lupa pada tanah kelahiran.

“Kita makan, minum, besar dan akan dimakamkan disini, makanya harus berbuat yang terbaik untuk tanah Bone ini. Klo tidak maka pasti kita akan ditanya kelak oleh Arung Palakka, Besse Kajuara dan tokoh mulia lainnya tentang apa yang kita baktikan pada tanah Bone”. Ujar, Drs. H. Andi Ambo Dalle, M.M selaku Wakil Bupati Bone.

 

AKBP. Muh. Kadarislam, S.H., S.Ik., M.Si selaku Kepala Polisi Resort Kab. Bone mengungkapkan bahwa sangat betul pendidikan itu haruslah merata dan bisa dijangkau oleh semua kalangan. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, ternyata tingkat kejahatan dan kriminalitas yang terjadi itu akibat rendahnya pengetahuan.

“Kami juga memiliki program berbagi buku untuk mereka yang putus sekolah dan memberikan pelajaran bagi buta huruf. Semoga kedepannya, kita bisa saling bekerja sama untuk meningkatkan mutu pendidikan”, Ungkapnya.

Acara Diskusi Publik ini pun sekaligus melaunching buku berjudul “Pendidikan Tanpa Kasta; Refleksi Perjuang FKBS” yang merupakan cetakan kedua sekaligus edisi revisi dari cetakan pertama pada tahun 2015.

Click to comment
To Top