Warga Mattoangin ‘Patungan’ Perbaiki Jalan Rusak – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Warga Mattoangin ‘Patungan’ Perbaiki Jalan Rusak

Puluhan Warga Mattoanging Desa Songing Kecamatan Sinjai Selatan, mengerjakan gorong-gorong rusak dengan dana swadaya.

PENULIS : LUKMAN SARDY

SINJAI, RB—Puluhan warga Dusun Mattoanging Desa Songing Kecamatan Sinjai Selatan, terpaksa turun tangan memperbaiki gorong-gorong yang rusak yang ada di desanya.
Meski Pemerintah Pusat telah menggelontorkan dana miliaran untuk desa, namun toh dana tersebut tidak sepenuhnya dinikmati masyarakat. Warga mengaku sudah berulang kali me-nyampaikan ke aparat desa untuk perbaikan gorong-gorong tersebut.

Hanya saja, usulan warga tidak pernah disikapi pemerintah desa setempat.
Tokoh Masyarakat Dusun Mattoangin Desa Songin, Muhsin mengatakan, perbaikan jalan yang dilakukan merupakan inisiatif dan swadaya warga setempat. Muhsin menegaskan, akses tersebut merupakan jalur vital karena tepat di poros jalan yang menghubungkan Dusun Mattoanging dan Dusun Tonasa serta desa lainnya. Jika tidak segera diperbaiki, dikawatirkan akan menimbulkan korban akibat kerusakan gorong-gorong tersebut.

“Sudah hampir 2 tahun ndi kita menunggu perbaikan. Jadi terpaksa kita swadaya dengan warga disini. Kami juga heran jalan ini tidak diperbaiki desa, padahal ada ADD. Tadi Alhamdulillah sudah selesai dan sudah bisa kembali diakses oleh warga disini,” pungkasnya.

Berbeda di Desa Boto Lempangan Kecamatan Sinjai Barat, dimana warga dibantu aparat babinsa setempat, bekerja bakti pelebaran jalan akses pertanian sepanjang 500 meter dan lebar 4 meter yang menghubungkan area pertanian di Dusun Karampuang Desa Boto Lempangan Kecamatan Sinjai Barat.

Kades Boto Lempangan, Mansur mengatakan, kegiatan seperti ini tentunya sangat membantu warga. Apalagi akses jalan lanjut dia, merupakan fasilitas umum yang sangat dibutuhkan para petani. “Dulunya hanya bisa di lewat motor saja dan sekarang dengan adanya pelebaran jalan, kendaran roda empat bisa masuk menuju ke area pertanian tersebut,” ungkapnya.

To Top