Warga Mattoanging Promosikan Pesta Adat Mappere – Radar Bone

Radar Bone

Bone Raya

Warga Mattoanging Promosikan Pesta Adat Mappere

PENULIS : AGUSTAPA
WATAMPONE, RB–Angkatan 89 SMAN 1 Watampone bekerjasama dengan Badan Promosi dan Penanaman Modal Kabupaten Bone promosikan pesta adat ‘Mappere’ warga Desa Mattoanging Kecamatan Tellu Siattinge di kota Watampone. Bahkan untuk memperkenalkan adat istiadat tersebut, puluhan warga Desa Mattoanging yang dikoordinir langsung Kepala Desanya yakni H. Abustang ramai-ramai mendirikan ayunan besar yang akan digunakan untuk memperagakan kegiatan Mappere di samping gedung Pemuda, Sabtu, 2 April lalu.
Koordinator angkatan 89 SMAN 1 Watampone Erwin Terwo kepada RADAR BONE mengatakan Desa Mattoanging merupakan salah satu desa yang masih mempertahankan nilai adat istiadat tahunannya yakni Mappere. Agar nilai adat istiadat tersebut, dikenal oleh masyarakat luas, dirinyapun membangun koordinasi dengan pemerintah Desa Mattoanging untuk mendirikan ayunan besar di kota. “Jadi budaya mappere Desa Mattoanging ini akan diperagakan di samping gedung pemuda bersamaan dengan pameran kegiatan tudang sipulung ekonomi kreatif yang akan diselenggarakan pada tanggal 6 April 2016 mendatang,” ungkap Ketua Karang Taruna Kabupaten Bone ini.
Mengingat dirinya juga yang diberikan kepercayaan di Badan Promosi dan Penanaman Modal, maka Desa Mattoanging Kecamatan Tellu Siattinge akan menjadi desa binaan dalam mempertahankan tradisi budaya tahunan Mappere. “Mengingat Desa Mattoanging akan menjadi binaan kami, maka dalam pesta budaya nantinya kantor Badan Promosi dan Penanaman Modal akan ambil andil dalam kegiatan tersebut,” tandasnya.

To Top