Warning Buat Sekretaris Desa di Bone, Marak Penipuan – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Warning Buat Sekretaris Desa di Bone, Marak Penipuan

RADARBONE.CO.ID_WATAMPONE- Sekretaris desa (Sekdes) menjadi sasaran aksi penipuan. Modusnya sekdes diiming-imingi diangkat menjadi pegawai negeri sipil (PNS), tapi syarat menyetor sejumlah uang. Aksi ini menyaris memakan korban sekretaris desa di wilayah Bone Selatan, salah satunya adalah Sekdes Ulubalang, Kecamatan Salomekko.

Kepala Desa Ulubalang, Haeril Kacong yang dikonfirmasi RADAR BONE, mengatakan awalnya dirinya ditelepon seseorang yang meminta nomor sekdes-nya. Karena tak merasa curiga, Haeril pun memberikan nomor sang sekdes. Tapi siapa sangka, keesokan harinya sekdes menelepon dirinya mengabarkan bahwa dia diminta menyetor Rp25 juta untuk pengurusan pemberkasan menjadi PNS. Penelepon ini mengataskannamakan diri pejabat BPKSDM.

“Sebelumnnya saya yang ditelepon sama orang ini, katanya untuk pemberkasan sekdes yang belum PNS, dia minta nomor HP sekdes. Jadi saya kasi. Dia (Penelepon) bahkan minta nomor HP Kades Tebba dan Kades Mappatoba dan saya kasi. Ternyata besok paginya sekdes saya menelepon. Dia bilang katanya pemberkasan. Si penelepon minta balas jasa dan harus dikirim cepat. Makanya saya bilang jangan dulu. Kamu ke kantor ketemu saya,” cerita Haeril.

Setelah bertemu sekdes, kata Haeril ia pun menceritakan si penelepon telah mengirimkan nomor rekeningnya. Sekdes bahkan sempat menawar Rp10 juta, karena cuma memiliki dana sebanyak itu. “Tapi beruntung dia telepon saya sehingga larang. Makanya, saya kroscek ke pusat dan juga konfirmasi ke Kepala BPKSDM Bone, ternyata itu hanya modus penipuan,” jelas Haeril.

Atas kejadian itu, Haeril pun mengaku sudah menyebarluskan di sosial media agar sekdes lain tidak terperangkap.
“Saya juga sudah tulis di facebook, bahwa itu hanya modus penipuan dan jangan ada yang layani, dan untuk selanjutnya para teman-teman hati-hatilah,” tuturnya.

Haeril mengaku sudah melacak keberadaan si penelepon melalui no rekeningnya, ternyata diketahui berada di Jakarta..

“Nomornya sudah saya miss call tetapi sudah tidak aktif. Saya sudah lacak dan sudah dapat inisialnya dari nomor rekening,” pungkasnya.

*

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top