Waspada Banjir Kiriman – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Waspada Banjir Kiriman

Kepala BPBD Bone, H Bahar Kadir

WATAMPONE, RB—Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan, bahwa curah hujan akan tinggi di wilayah Kabupa-ten Bone, mulai akhir April hingga Juni mendatang.
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bone, Bahar Kadir, SH mengakui ada-nya warning dari BMKG tersebut. Menindaklanjuti hal itu, kata Bahar pihaknya mulai melakukan posko selama 24 jam. Posko ini dimaksudkan untuk mewaspadai banjir di daerah ini.
“Kami setiap saat berkomunikasi dengan BMKG. Dan BMKG mengingatkan, bahwa curah hujan akan tinggi di Bone mulai akhir bulan ini hingga Juni nanti. Makanya, posko akan bertugas hingga Juni. Jika dibutuhkan, akan diperpanjang masa tugas-nya. Semuanya tergantung dari situasi nanti,” terang Bahar saat ditemui RADAR BONE di kantor bupati, Selasa 26 April lalu.
Lebih jauh Bahar mengungkap-kan, yang patut juga diwaspadai adalah banjir kirim dari daerah tetangga, seperti Wajo, Soppeng dan Sidrap. Jika ketiga daerah tersebut dikepung banjir, maka banjir kiriman berpotensi masuk ke Bone. Kondisi itu akan diperparah jika curah hujan tinggi di Bone. “Jika ada banjir kiriman dari Wajo, Soppeng dan Sidrap. Kemudian di Bone juga curah hujan tinggi, maka banjir tak bisa dihindari, seperti yang terjadi sebelum-sebelumnya,” beber Mantan Kabag Humas Setda Bone itu.
Bahar mengungkap setidaknya dua kawasan yang menjadi titik perhatian jajarannya, yakni wilayah Bone Utara, meliputi Ajangale, Dua Boccoe, Tellu Siattinge dan Cenrana. Kemudian wilayah Bone Tengah yang meliputi Barebbo, Cina, Mare dan Sibulue.

lusmansommeng

To Top