Waspada ‘Pemilih Siluman’ – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Waspada ‘Pemilih Siluman’

Ilustrasi

Tahapan Pilkada 2018 Siap Bergulir

PENULIS : ASKAR SYAM

WATAMPONE, RB–Komisi Pemilihan Umum (KPU) diingatkan untuk menjadikan pelaksanaan pilkada 2017 lalu sebagai warning jelang pelaksanaan tahapan pilkada 2018 mendatang. Menyusul maraknya pemilih siluman yang membelit setiap daerah yang melaksanakan pilkada.

Bahkan mayoritas gugatan yang masuk ke MK ditengarai adanya selisih jumlah pemilih dengann yang terdaftar di DPT (Daftar Pemilih Tetap). Pengamat politik, Rahman Arif, mengingatkan KPU untuk benar-benar memperhatikan Daftar Pemilih Tetap (DPT). Khususnya kata Rahman, DPT di dusun-dusun yang berbatasan langsung dengan daerah tetangga. Sebab kata dia, dusun-dusun perbatasan itu rawan disusupi ‘pemilih siluman’.

“Yang harus diperhatikan terlebih dahulu adalah DPT. Jangan sampai disusupi pemilih dari daerah luar,” ucapnya.
Dijelaskan, masuknya ‘pemilih siluman’ ke dalam DPT bisa menimbulkan persoalan serius di kemudian hari. Meski diakui Rahman tahapan pilkada masih lama bergulir, namun itu perlu menjadi perhatian serius penyelenggara pemilu.

Senada diungkapkan akademisi, Dharmawansyah. Dia menegaskan DPT tidak jadi persoalan. Yang dipersoalkan sebut dia, adalah persoalan mengenai suara. Kendati begitu, menurut Dharmawansyah, mulai dari sekarang KPU harus mengantisipasi persoalan itu. Caranya kata dia, dengan melakukan pembahasan dengan sejumlah pihak terkait lainnya.

Sebelumnya, komisioner KPU Ernida Mahmud menegaskan, daftar pemilih mengacu dengan data warga yang sudah merekam KTP-el. Kata dia, warga yang memenuhi syarat dan sudah merekam data KTP-el otomatis masuk ke dalam DPT. Hanya saja, masih banyak wajib KTP di Bone yang belum mengantongi KTP-el.

To Top