Waspada Permainan Program Bedah Rumah – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Waspada Permainan Program Bedah Rumah

Dua pemilik rumah Ishak dan Atira memperlihatkan rumahnya yang akan diperbaiki melalui program bedah rumah, Jumat, 19 Juni lalu. Hanya saja, sayangnya keduanya tidak dilibatkan dalam pengadaan bahan material.

RADARBONE.CO.ID_WATAMPONE–Keluhan penerima bantuan bedah rumah yang mengaku tak dilibatkan dalam hal pengadaan material bangunan, disikapi kalangan legislator DPRD Bone.

Wakil Ketua Komisi III DPRD Bone, H Kaharuddin mengaku wajar adanya keluhan tersebut. Hanya saja kata dia, petunjuk teknis (Juknis) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memang tidak mengharuskan penerima bantuan dilibatkan untuk pengadaan material dimaksud. “Ini kan (Pengadaan material) dipihakketigakan dan memang juknisnya seperti itu,” ungkap politisi Partai Demokrat itu kepada RADAR BONE, Rabu 21 Juni kemarin.

Awalnya kata H Kahar, bantuan yang diberikan ke penerima bantuan, dalam bentuk tunai.
“Kemarin dikasih bantuan tunai, tapi banyak disalahgunakan, sehingga kementerian terkait merubah kebijakan lain dengan menyalurkan bantuan dalam bentuk material. Soal kekhawatiran jumlah material tidak sesuai dengan nominal anggaran, nanti akan ketahuan karena ada audit dari BPK (Badan Pemeriksa Keuangan),” jelasnya.

Sebelumnya, praktisi sosial, Rahman Arif menilai adanya kerawanan penyalahgunaan bantuan bedah rumah, ketika penerima bantuan tidak dilibatkan dalam hal pengadaan material.

“Siapa yang bisa menjamin, dana untuk pengadaan material tidak disunat. Apalagi kalau tidak ada pengawasan dari intansi terkait,” jelasnya.

Harusnya lanjut dia, penerima bantuan tetap dilibatkan ketika material tersebut akan dibeli. “Kalaupun tidak dilibatkan, nominal material itu harus tercantum secara rinci di nota pembelian. Sehingga jelas pengalokasiannya,” tutup Rahman.

*

Click to comment
To Top