Waspada, Rokok Tiruan Beredar di Bone – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Waspada, Rokok Tiruan Beredar di Bone

RADARBONE.CO.ID_WATAMPONE–Rokok tiruan ditemukan beredar di daerah ini. Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Bone mengamankan sedikitnya enam jenis rokok tiruan di sejumlah pedagang. Selain pita cukai tidak yang tidak cocok, jumlah isi batang rokok berbeda dengan yang tertera di kemasan rokok.

Rokok tiruan merek Milder, Strom, Cartel dan Ascot misalnya, di kemasan tertulis 12 batang, tapi setelah dibuka isinya ternyata berjumlah 20 batang.

Demikian pula rokok bermerek B, di kemasan tertera 12 batang, sedangkan isinya sebanyak 16 batang. Rokok merek Blitz pun demikian, di kemasannya hanya tercantum 10 batang, sementara isinya 20 batang.

Kepala Satpol PP Bone, M Zainal N mengatakan temuan tersebut akan segera dilaporkan ke Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Pratama Bajoe untuk ditindaklanjuti. Rokok tiruan tersebut dinilai merugikan negara, karena memanipulasi biaya cukai yang harus dikeluarkan.”Kami dari Satpol PP hanya sebatas menelusuri dan mengetahui tempat penjual rokok tiruan itu. Bahkan rokok yang kami dapatkan ini semua saya beli, karena tidak boleh kami menyita begitu saja.

Tapi kami buatkan surat pernyataan kepada penjual supaya tidak membeli rokok yang bermerek seperti itu. Karena pelanggaran, jika masih menawarkan rokok seperti itu, maka kami akan menangkap lalu dilaporkan karena diduga kerjasama dengan perusahaan,” kata Zainal.

Pasca temuan tersebut, Zainal menegaskan pihaknya akan meningkatan pengawasan hingga ke kecamatan. “Kemudian kami akan cegah penyalurnya baik melalui kanvas roda dua maupun kanvas yang menggunakan roda empat, kami akan lakukan sweeping” tegasnya.

Ditegaskan Zainal perbedaan informasi di kemasan dengan jumlah isi merupakan pelanggaran. “Karena jumlah yang tertulis di pembungkusnya berbeda dengan isinya,” kunci Zainal.

*

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top