Wow, 20, 3 Ton Rumput Laut B-One Tembus Pasar Cina – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Wow, 20, 3 Ton Rumput Laut B-One Tembus Pasar Cina

RADARBONE.CO.ID_CENRANA– Pabrik Rumput yang dibangun dengan dana Rp16 miliar lebih di Kelurahan Cenrana Kecamatan Cenrana akhirnya berhasil menembus pasar dunia.

Hal ini dibuktikan dengan Peluncuran Ekspor Perdana Alkaline Treatment Glacilaria Seaweed (ATG Rumput Laut) ‘B-One Kabupaten Bone, Selasa, 13 Februari siang ini.

Sebanyak 20,3 ton Rumput Laut B-One yang diangkut tiga buah truk akan langsung diekspor ke Shantou Cina, salah satu pabrik pengolahan rumput laut dunia.

Peluncuran perdana Rumput Laut B’One dilakukan langsung Bupati Bone Dr HA Fahsar Mahdin Padjalangi MSi disaksikan Direktur Pengolahan dan Bina Mutu Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan Kemeterian Kelautan dan Perikanan RI, Innes Rahmania.

Dalam sambutannya, Direktur Pengolahan Bina Mutu Kementerian Kelautan Perikanan ini menegaskan dari sekian banyak pabrik rumput laut yang dibangun, Pabrik Rumput Laut Bone merupakan pabrik pertama yang beroperasi dan berproduksi bahkan berhasil mengekspor.

“Kami sangat bangga akan hal ini karena kemarin memang ada penekanan agar pabrik rumput laut yang sudah dibangun agar beroperasi. Tetapi yang di Bone malah bisa ekspor,” ungkapnya.

Bupati Bone Dr HA Fahsar Mahdin Padjalangi MSi pun berharap agar rumput laut yang diproduksi pun tetap dijaga kualitasnya.

“Untuk menjaga kualitas, panenlah tepat waktu yakni 45 hari. Dan kami harap kedepannya kita olah sendiri misalnya menjadi es krim, tepung agar-agar, dan lainnya,” ungkapnya.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bone Ir Wahida MSi membeberkan pabrik Cenrana bisa memproduksi hingga 15 ton perhari.

“Jika beroperasi 24 jam bisa memproduksi ATG hingga 15 ton, namun saat ini rata-rata produksi 5- 7 ton perhari,” terangnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top