Wow, Arkeolog Temukan Pembakaran Mayat Kuno di Gunung Cingkang – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Wow, Arkeolog Temukan Pembakaran Mayat Kuno di Gunung Cingkang

RADARBONE.CO.ID_WATAMPONE-Arkeolog dari Balai Arkeologi Sulawesi Selatan menemukan dan meneliti sembilan situs kebudayaan megalitik di wilayah Kabupaten abone 2018.

Situs megalitik berupa lumpang atau kerap disebut ‘Palung Patu’ (Bahasa Bugis-red) dan dakon ‘Aggalacengeng’, masing-masing Situs Samailo Desa Sailong Kecamatan Dua Boccoe, Situs Mampu Desa Cabbeng Kecamatan Dua Boccoe, Situs Cingkang Kecamatan Barebbo, Situs Pongka Kecamatan Tellusiattinge, Situs Pinra Kelurahan Macanang Kecamatan Tanete Riattang Barat, Situs Bulu Cina Desa Padang Loang Kecamatan Cina, Situs Lakukang Kecamatan Mare, Situs Cakkela dan Situs Labuaja Kecamatan Kahu.

Salah satu situs yang diekskavasi yakni di Puncak Gunung Cingkang ditemukan batu berundak yang disebut warga setempat sebagai “Pattunuang Tau’ atau tempat kremasi mayat.

“Dari susuna batu yang dibuat terdapat lubang yang diduga sebagai alat untuk menumpuk kayu bahan bakar untuk mengkremasi,” terangnya.

Sayangnya, penelitian lebih lanjut tidak bisa dilakukan tim arkeolog karena ditentang masyarakat setempat yang menilai situs tersebut sebagai tempat keramat.

Hasil penelitian situs tersebut dipaparkan dalam Seminar Hasil Penelitian di salah satu hotel Jl Kajaolaliddong Kelurahan Manurunge Kecamatan Tanete Riattang, Kamis, 9 Agustus pagi tadi.

Arkeolog Balai Arkeologi Sulsel, Universitas Hasanuddin menjelaskan situs-situs yang diteliti rata-rata dekat dari sumber air dan juga areal persawahan.

“Situs Kebudayaan Megalitik berkaitan dengan sistem permukiman manusia yang berlangsung 400-190 tahun yang lalu sesuai dengan hasil penelitian sample yang kami kirim ke laboratorium di Florida,” bebernya.

Dalam seminar tersebut juga Prof Hakim yang jadi salah seorang pembahas merekomendasikan agar situs tersebut bisa diselamatkan agar tidak punah dan bisa diwariskan kepada anak cucu kelak.
.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top