Wow, Bandara Arung Palakka Mati Suri? – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Wow, Bandara Arung Palakka Mati Suri?

RADARBONE.CO.ID_WATAMPONE-Bandar Udara Arung Palakka berhenti beroperasi. Ini terjadi setelah pemerintah menghentikan pemberian subsidi menyusul semakin berkurangnya penumpang.

Pantauan RADAR BONE di Bandara Arung Palakka yang berlokasi di Desa Mappalo Ulaweng, Kecamatan Awangpone, Minggu, 4 November kemarin menemukan dalam kondisi sepi. Pagar dipintu utama masuk ke area bandara tertutup. Tak ada aktivitas di dalamnya layaknya bandara pada umumnya.

Seorang warga setempat yang ditemui membenarkan tak adanya aktivitas di Bandara Arung Palakka. “Sejak beberapa bulan lalu, bandara ini tidak beroperasi. Bahkan, saat masih beroperasi dulu memang selalu terlihat sepi,” kata Hamzah.

Kepala Unit Penyelenggara Bandara Arung Palakka, Firman yang dikonfirmasi, mengatakan bandara yang dibangun sejak 2006 silam tersebut sudah tak beroprasi sejak Januarilalu.

“Untuk sementara saat ini bandara yang kami kelola ini tidak beroperasi sejak awal tahun ini,” kata Firman.
Menurut Firman, hal itu disebabkan tidak adanya subsidi dari pemerintah pusat, sehingga menyebabkan bandara tersebut berhenti beroperasi.

“Ada beberapa hal yang menyebabkan pemerintah tidak memberikan subsidi, salah satunya kurangnya minat atau penumpang,” lanjut Firman.

Namun demikian, lanjut Firman, rencananya Bandara Arung Palakka akan kembali beroperasi Januari 2019 mendatang.

Bandara Arung Palakka yang sebelumnya bernama Bandara Mappalo Ulaweng dibangun pada 2007. Namun rute penerbangan perintis baru beroperasi pada April 2013. Adalah pesawat milik Susi Air yang pertama kali mendarat dan terbang di bandara yang masih berada di bawah naungan Bandara Masamba kala itu.

Dua tahun kemudian, tepatnya 2015, penerbangan resmi dimulai dengan pengelolaan secara mandiri.
Saat itu, Bandara Arung Palakka melayani rute Bone-Kendari yang beroperasi kali dua sepekan.

Pada 2017, Bandara Arung Palakka mengalami sejumlah perubahan, utamanya infrastruktur jalan lokasi Bandara, pagar dan terminal. Pada tahun yang sama, ada pesawat yang beroperasi di bandara ini, yakni Aviastar dan Susi Air. Namun belakangan hanya Susi Air yang bertahan hingga akhirnya berhenti beroperasi sejak Januari 2018.

*

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top