Wow, Dana Setoran Haji di Bone Capai Setengah Triliun – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Wow, Dana Setoran Haji di Bone Capai Setengah Triliun

RADARBONE.CO.ID_WATAMPONE–Setoran dana haji yang tersimpan di bank angkanya cukup besar. Setidaknya dalam kurun waktu delapan tahun terakhir, tercatat sudah setengah triliun dana disetor warga
yang ingin berhaji.

Nominal setoran dana haji yang tersimpan di sembilan bank di daerah ini ternyata angkanya cukup menggiurkan. Berdasarkan data yang diperoleh dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bone, sejauh ini tercatat sudah 21.792 warga masuk dalam daftar tunggu haji. Mereka sudah melakukan penyetoran awal ongkos naik haji (ONH) sebesar Rp20 juta dan Rp25 juta.

Untuk yang menyetor Rp20 juta jumlahnya 4.307 jemaah. Sedangkan penyetoran Rp25 juta sebanyak 17.485 jemaah. Warga yang masuk dalam daftar tunggu ini adalah warga yang terdaftar 25 Maret 2009 hingga 30 Juni 2017. Nah, jika diakumulasi pendaftar haji yang menyetor Rp20 juta dan Rp25 juta sebanyak 21.792 tersebut. Maka, setoran haji yang terkumpul dalam kurun waktu delapan tahun terakhir (25 Maret 2009-30 Juni 2017) mencapai Rp523.265.000.000, atau di atas setengah triliun.

Ini belum termasuk dana haji dari calon jemaah haji (CJH) yang akan diberangkatkan tahun ini. Jumlah calon jemaah haji yang diberangkatkan Agustus ini sebanyak 762 orang. Para CJH yang akan diberangkatkan tersebut telah melunasi ongkos naik haji (ONH) sebesar Rp38.972.250. Dengan demikian, CJH yang berjumlah 762 orang tersebut mengumpulkan dana haji sebesar Rp29.696.854.500. Jika diakumulasi dengan setoran haji daftar tunggu tadi, maka dana haji yang terhimpun di Bumi Arung Palakka mencapai Rp552.961.854.500. Angka yang cukup fantastis. Lantas kemana dana haji yang terhimpun sebanyak itu.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bone Drs HM Amin mengatakan setoran haji dari warga yang masuk daftar tanggu haji langsung ke pusat. Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bone, kata Amin hanya mengurusi nomor porsi saja. “Jadi begitu calon jemaah haji menyetor uangnya di bank, semua dana itu menjadi kewenangan pusat,” bebernya.

Demikian pula dengan bunga bank dari setoran haji tersebut, Amin menegaskan pihaknya tidak tahu-menahu.
“Mengenai bunga dana setoran haji para jemaah kami tidak tahu, coba ditanyakan ke pihak bank, karena kewenangan kami hanya menyangkut nomor porsi saja,” jelasnya.

Ditambahkan Amin, untuk mengambil setoran haji saja, khususnya bagi calon jemaah haji membatalkan diri untuk berangkat berhaji, tidak serta merta bisa langsung dicairkan uangnya. “CJH itu harus bermohon dulu di Kantor Kemenag, baru permohonan itu dikirim ke pusat. Nanti baru bisa cair dalam jangka satu bulan, bahkan bisa sampai dua bulan,” urainya.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bone, tercatat ada sembilan bank yang terdaftar di Kemenag menerima setoran haji.

Salah satu bank yang menerima setoran dana haji adalah BRI. Kepala BRI Cabang Watampone, Adi Widya Prakasa yang dikonfirmasi RADAR BONE via sambungan telepon malam tadi, menegaskan bahwa setoran dana haji tersebut tidak berbunga, sebagaimana setoran tabungan nasabah pada umumnya.

“Tidak ada bunga, tidak biaya administrasi. Jadi, langsung tersambung ke sistem Kemenag,” jelas Adi.
Ditambahkan Adi, sesuai arahan pemerintah setoran dana haji ke depan semuanya sudah menganut sistem syariah. Hal ini sudah berlaku pada daerah yang sudah memiliki bank berbasis syariah.

*

To Top