Wow, Oknum Babinsa Diduga Terlibat Transaksi Narkoba – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Wow, Oknum Babinsa Diduga Terlibat Transaksi Narkoba

ilustrasi

PENULIS  : HERMAN – ROSDIANA SULJA

WATAMPONE, RB—Seorang oknum anggota TNI berinisial AG (31) yang bertugas di Koramil Barebbo diamankan dalam penggerebekan tranasaksi narkoba, di Kelurahan Apala, Kecamatan Barebbo, Sabtu 1 Oktober lalu sekira pukul 20.00 Wita. AG yang merupakan Bintara Pembina Desa (Babinsa) Kelurahan Apala berpangkat Kopda itu diamankan bersama dengan seorang rekannya, RA (25) warga Jl Kawerang, Kelurahan Manurunge, Kecamatan Tanete Riattang. Keduanya diduga terlibat dalam transaksi penjualan narkoba. Di tangan RA ditemukan barang bukti berupa sabu sebanyak satu bal, dengan berat 50 gram.

Penangkapan keduanya dilakukan tim gabungan Satuan Narkoba dan Resmob Reskrim Polres Bone yang dipimpin Ipda Bambang Supriadi SH bersama Ipda Putut Yudha Pratama STK.  Penangkapan oknum Babinsa dan rekannya tersebut bermula saat anggota Resmob Polres Bone mendapat informasi, bahwa lelaki RA akan melakukan transaksi penjualan sabu sebanyak dua bal atau 100 gram dengan harga Rp60 juta.

Resmob melakukan koordinasi dengan Satuan Narkoba kemudian ditunjuk seorang anggota melakukan penya-maran untuk membeli sabu dimaksud. Anggota polisi yang menyamar pun berhasil berkomunikasi dengan RA. Mereka pun sepakat bertemu di Jl Ahmad Yani, di depan Bank BRI Cabang Watampone untuk melakukan transaksi.
Ketika bertemu, anggota polisi yang dalam penyamaran tersebut berboncengan dengan pelaku RA menuju Kelurahan Apala, Kecamatan Barebbo.

Sesampai di Apala, keduanya bertemu dengan AG. Lalu, AG mengajak anggota polisi yang menyamar bersama RA menuju ke salah satu rumah penduduk yang berada di tengah sawah.

Sesampai di kolong rumah, AG meninggalkan lokasi kemudian menjemput bandar berinisial JU. JU adalah bandar yang sudah menjadi DPO polisi. Setelah AG datang bersama JU. Satu bal sabu tersebut diperlihatkan JU ke anggota polisi yang menyamar sebagai pembeli. Melihat barang bukti, anggota polisi yang menyamar pun lantas memberi kode ke petugas yang telah mengikuti dari arah belakang.

Ketika dilakukan penyergapan oknum TNI, AG bersama dengan RA dibekuk, sementara bandar JU berhasil melarikan diri. Barang bukti yang diamankan berupa, satu bal sabu tersimpan dalam plastik be-ning. Satu dompet berisi KTP dan Kartu ATM. Kemudian satu unit ponsel merek Sony Ericsson berwarna silver dan satu unit sepeda motor merek Yamaha Vega berwarna hitam.
Kepala Penerangan Korem 141 Toddopuli Bone, Mayor Sahabuddin kepada wartawan melalui grup media sosial Telegram Jurnalis Mitra Toddopuli membenarkan penangkapan tersebut oknum Babinsa tersebut.“Kopda AG tugas di Kodim 1407 Bone,” tulis Sahabuddin di grup Telegram.

Kapolres Bone, AKBP Raspani SIK yang dikonfirmasi RADAR BONE Minggu 2 Oktober sekira pukul 11.35 Wita, via sambungan telepon selular membenarkan adanya oknum TNI yang ikut diamankan bersama dengan seorang pelaku narkoba.
“Iya begini, saat dilakukan penangkapan pelaku sedang bersama dengan si oknum (Oknum TNI). Sementara masih kita dalami keterlibatannya karena barang ini milik pelaku lain RA bukan yang oknum. Setelah dimintai keterangan semalam yang bersangkutan diserahkan ke POM,” tegasnya.

Sementara itu, Dandim 1407 Bone, Letkol Inf Bobbie Triyantho, SIP mengatakan oknum Babinsa yang tertangkap dalam penggerebekan transaksi narkoba tersebut sudah diproses di POM. “Sementara diproses di Denpom. Kita tetap menunggu hasil pemeriksaan karena harus menjunjung tinggi asas praduga tak bersalah. Jika terbukti, ancaman sanksinya dipecat dari TNI AD,” tegas Bobbie saat dihubungi RADAR BONE, Minggu 2 Oktober kemarin.

*ASKAR SYAM

To Top