Wow, Prestasi UNBK di Bone ‘Terjun Bebas’ – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Wow, Prestasi UNBK di Bone ‘Terjun Bebas’

RADARBONE.CO.ID_WATAMPONE— Prestasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) jenjang SMA di Kabupaten Bone turun tajam. Jika tahun lalu, Bone bertengger di urutan pertama. Tapi tahun ini, Bone menempati peringkat ke-11 dari 24 kabupaten/kota di Sulsel.

Berdasarkan peringkat rata-rata nilai UN SMA per Kabupaten/Kota tahun 2019, posisi pertama diraih oleh Kota Parepare dengan nilai rata-rata 49,25 dengan jumlah peserta UNBK 1.301 siswa. Disusul di posisi runner up, Kota Palopo yang mengantongi nilai rata-rata 48,57 dengan peserta berjumlah 1.821 siswa. Di peringkat ketiga, diraih Tana Toraja Utara yang memperoleh nilai rata-rata 47,75 dengan jumlah peserta UNBK sebanyak 2.559 orang. Selanjutnya peringkat keempat direbut Kabupaten Soppeng dengan nilai rata-rata 47,53 dan jumlah peserta UNBK 1.662 siswa.

Kemudian posisi kelima dihuniKabupaten TanaToraja yang meraih rata-rata 47,30 dengan jumlah peserta UNBK 2.226 siswa.

Kepala Cabang Dinas Wilayah III Bone dan Sinjai Drs Andi Syamsu Alam MPd mengatakan pihaknya tidak memprioritaskan peringkat UNBK, melainkan fokus kepada integritas siswa dalam mengerjakan soal UNBK.

“Apa yang diperoleh peserta didik kami tahun ini, murni dari hasil belajarnya. Dan integritas nilai yang diperoleh ini tidak diragukan,” ujarnya.

Kendati demikian, mantan Kepala SMA Negeri 1 Tellu Siattinge ini tetap berjanji akan melakukan evaluasi terkait menurunnya prestasi UNBK tahun ini. “Ini akan menjadi bahan evaluasi kami ke depan, agar lebih mempermantap kesiapan siswa dalam mengikuti UNBK,” tandasnya.

Meski prestasi UNBK jenjang SMA menurun, namun Kabupaten Bone sukses melaksanakan UNBK 100 persen di SMA. “Bahkan seluruh SMA Negeri di Bone, telah mandiri sebagai penyelenggara UNBK. Kesuksesan pelaksanaan UNBK tentu bagian dari prestasi Kabupaten Bone, apalagi kalau mau dibandingkan dengan kabupaten lain, Kabupaten Bone merupakan urutan kedua terbanyak peserta UNBK-nya setelah Makassar yakni 6.104 siswa,” tandasnya.

Ketua MKKS SMA Kabupaten Bone Muhammad Yunus SPd MSi mengakui sejauh ini persiapan sekolah menjelang UNBK tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya. Selain pembimbingan, termasuk simulasi UNBK telah dilakukan. Bahkan kesiapan siswa mengikuti UNBK juga terbilang bagus.

“Pada saat UNBK digelar, mayoritas siswa yang kami tanya terkait soal-soal yang dihadapi, semua dianggapnya mudah. Maka dari itu, dengan menurunya UNBK tentu akan menjadi perhatian MKKS SMA Kabupaten Bone,” imbuhnya.

*

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top