Direktur Polbangtan Gowa Buka Workshop Ekosistem Program YESS di Bone

  • Bagikan

BONE, RADARBONE.FAJAR.CO.ID--Kabupaten Bone merupakan salah satu dari empat daerah yang menjadi wilayah pelaksanaan program Youth Enterpreneurship And Employment Support Service (YESS) dari Kementerian Pertanian RI. Salah satu kegiatan dari program ini adalah workshop ekosistem.

Direktur Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Gowa, Dr Syaifuddin turun langsung membuka workshop ekosistem yang dilaksanakan di Kabupaten Bone, Jumat, 27 Mei 2022.

Direktur Polbangtan Gowa, Dr Syaifuddin mengatakan Workshop Ekosistem merupakan kegiatan yang diciptakan untuk membangun ekosistem kewirausahaan pertanian di wilayah program YESS, yang bertujuan untuk memvalidasi komoditi yang telah dibuat dalam Bisnis Model Pertanian kemudian menyusun cluster komoditi di tiap wilayah dan merancang design sinergitas antar lini cluster komoditas pertanian.

"Kita harapkan Petani Milenial di wilayah program YESS mampu membangun sinergi berbasis cluster komoditi bidang pertanian. Sasaran dari kegiatan ini, yaitu Penerima Manfaat program YESS, Petani Milenial, Pelaku Usaha dan BDSP," kata Syaifuddin.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bone, HA Asman Sulaeman, S.Sos, MM dalam sambutannya mengharapkan Program YESS di Kabupaten Bone akan melahirkan petani milenial yang berhasil.

"Saya selalu garis bawahi program YESS jangan kita lewatkan begitu saja. Kita tidak boleh membiarkan seperti air mengalir begitu saja. Tapi harus ada hasil nantinya. Kita akan membangun petani milenial untuk ekonomi pertanian," Diakui Asman pada saat covid 19, pertanian menjadi penopang utama perekonomian.

"Makanya nanti program ini kita akan jawab dengan bukti, bukan dengan bahasa atau laporan tertulis saja," harapnya.

Workshop ekosistem ini diikuti 46 peserta yang terdiri dari perwakilan Dinas Pertanian 3 orang, koordinator BPP 27 orang, ketua P4S 2 orang, penerima manfaat 8 orang, Petani Milenial/Pelaku Usaha 3 orang, mobiliser 1 orang, komunitas UMKM 1 orang dan media 1 orang.

Adapun narasumber dalam workshop ekosistem ini, yakni pihak Polbangtan Gowa, Kepala BAPPEDA, Kepala Dinas Pertanian, Kepala Dinas Koperasi dan Praktisi/ Pelaku Usaha

  • Bagikan