Selamat, Pemkab Lutra Terbaik Kedua Keterbukaan Informasi

  • Bagikan

MAKASSAR , RADARBONE.FAJAR.CO.ID-- Kabupaten Luwu Utara kembali meraih penghargaan. Kali ini kabupaten yang dipimpin Indah Putri Indriani itu menjadi yang terbaik ke dua se Sulawesi Selatan dalam hal keterbukaan informasi.

Capaian itu diumumkan pada malam Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2022 di Claro Hotel Makassar malam kemarin Jumat 2 Desember 2022.
Penghargaan tersebut di diterima langsung oleh Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani.

Ketua Komisi Informasi Sulsel, Fahir Halim dalam sambutannya mengatakan, penganugerahan keterbukaan informasi publik ini dilaksanakan untuk merangsang badan publik dalam menerapkan amanat Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Menurut Fahir, misi dari undang-undang ini adalah untuk merubah paradigma pimpinan badan publik dalam mengelola keterbukaan informasi kepada publik.

"Kita harap melalui keterbukaan informasi ini, maka akan dapat terwujud pemerintahan yang lebih baik atau good governance" kata Fahri.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Luwu Utara, Arif Palallo yang juga hadir mendampingi Bupati Indah menyampaikana apresiasi kepada Komisi Informasi Provinsi Sulawesi Selatan atas penilaian yang diberikan kepada Luwu Utara.

" Pada intinya apa yang menjadi cacatan Komisi Informasi yang masih perlu dimaksimalkan akan menjadi perhatian kami" kata Arif Palallo.

Arif menambahkan, di tahun 2022 ini sedikitnya ada 150 indikator yang menjadi penilaian Komisi Informasi Sulawesi Selatan. " Nilai kita 89 atau menuju informatif, kita hanya terpaut dua angka dari daerah yang memiliki dilai tertinggi. Sebagai PPID utama masih banyak PR yang harus kami kerjakan" pungkasnya.

Dalam penganugerahan Keterbukaan Informasi Publik tahun 2022 ini, ada 3 kategori penghargaan yang diberikan, yakni kategori Badan Publik instansi lingkup Pemprov Sulsel, Badan Publik Pemerinta. Untuk tingkat desa, Desa Salulemo Kecamatan Sulamaju Kabupaten Luwu Utara juga mendapat penghargaan Cukup Informatif dengan nilai 61,54. (*)

  • Bagikan