Sisir ‘Penumpang Gelap’, KPU Bone Bakal Rekrut 2.361 Pantarlih

  • Bagikan

BONE, RADARBONE.FAJAR.CO.ID-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bone bakal merekrut 2.361 petugas pemutakhiran data pemilih atau Pantarlih.

Petugas Pantarlih ini, nantinya bertugas menyisir para penumpang gelap atau pemilih yang tidak lagi bersyarat menyalurkan hak pilihnya.

Penegasan ini disampaikan Komisioner KPU Bone, Andi Mappaningsong.

Ia menegaskan komitmen KPU untuk membersihkan data pemilih dari 'penumpang gelap'.

"Yang kami kategorikan penumpang gelap adalah daftar pemilih yang sudah tidak memenuhi syarat, misalnya sudah meninggal dunia, pindah dari Bone harus dikeluarkan dalam daftar pemilih, sehingga daftar pemilih kita betul-betul bersih," ungkapnya disela rapat koordinasi evaluasi pemetaan tempat pemungutan suara dan persiapan perekrutan petugas Pantarlih, Minggu 15 Januari 2023.

Termasuk tugas Pantarlih nantinya lanjutnya, adalah memastikan pemilih yang bersyarat menyalurkan hak pilih, terdata di daftar pemilih.

Andi Mappaningsong juga menyebutkan, ada tambahan jumlah TPS di Bone dari sebelumnya 2.234 TPS pada pemilu 2019 menjadi 2.361 TPS pada pemilu 2024.

"Jumlah TPS pada pemilu 2019 sebanyak 2234 TPS. Pemilu 2024 jumlah TPS 2361, Jadi ada penambahan sebanyak 127 TPS, kuncinya.

*

  • Bagikan