Wabup Bone Risau, Paripurna LKPJ Hanya Dihadiri 9 Legislator. Lilo: Ini Karena Tsunami APBD

  • Bagikan

BONE, RADARBONE.FAJAR.CO.ID--Paripurna DPRD Bone tentang penyerahan LKPJ Bupati Bone tahun anggaran 2022, hanya dihadiri 9 Anggota DPRD Bone, Rabu 29 Maret 2023.
Wakil Bupati Bone, H Ambo Dalle pun mengkritik banyaknya kursi yang kosong.
"Izin pak ketua, saya mau tausiah sedikit. Ketua DPRD Bone tidak hadir, bisa diwakili oleh Wakil Ketua DPRD. Tetapi ketika Anggota DPRD Bone tidak hadir, siapa yang wakili. Bapak wakil rakyat, saya risau melihat banyak sekali kursi yang kosong," kata Ambo Dalle.

Anggota Fraksi Nasdem DPRD Bone, A Muh Salam yang hadir melalui rapat paripurna, lantas menanggapi pernyataan wakil bupati. Ia menegaskan, kurangnya anggota DPRD yang hadir, karena ulah eksekutif sendiri.

"Anggota DPRD Bone banyak yang tidak hadir, disebabkan tsunami APBD. Baru-baru ini kita gelar Musrenbang dan disitu dibacakan realisasi program yang akan dilaksanakan di APBD 2023. Tiba-tiba apa yang sudah disampaikan ke masyarakat tidak ada yang terealisasi. Ini sama halnya kita membohongi masyarakat," tegas Lilo sapaan akrabnya.

Ia menegaskan, jangan karena alasan PMK yang baginya sifatnya bukan perintah, lantas kemudian seluruh program yang merupakan hasil reses Anggota DPRD dihilangkan.

"Ini sama halnya merusak tatanan pemerintahan. Justru eksekutif sendiri yang tidak mau merealisasikan visi-misi bupati," tegasnya.

Lilo juga menegaskan, hasil musrenbang yang sudah diumumkan harus terealisasi di 2023. "Kapan tidak terealisasi, maka jangan ada kegiatan di DPRD," tegasnya.

Wakil Ketua DPRD Bone, Indra Jaya juga sepakat jika Fraksinya (Fraksi Demokrat) akan ikut memboikot setiap rapat-rapat di DPRD jika hasil musrenbang 2023 tidak terealisasi.

"Karena masyarakat menganggap kami di DPRD Bone pembohong. Sudah dibacakan realisasinya di musrenbang bahkan sudah diukur, tiba-tiba programnya direfocusing," ucapnya.

*

  • Bagikan