Ketika Dasi Mentan Dirapikan Prabowo(Catatan Ringan di Sela Kunjungan Kerja Menteri Pertanian RI)

  • Bagikan

Oleh Ahmad Musa Said

HARI kedua 2nd Indonesia – Africa Forum diawali dengan pembukaan, lalu dilanjutkan dengan Joint Season Leader yang diselenggarakan di Hotel Mulia Resort, Nusa Dua Bali, Senin, 2 September 2024.

Sebelum pertemuan tersebut, beberapa menteri tertentu telah diberi tugas untuk menjemput kepala negara yang akan datang. Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman (AAS) mendapatkan amanah untuk menyambut ketibaan Kepala Negara dan Kepala Pemerintahan Rwanda, Ghana, Tanzania, Zanzibar dan Liberia sebelum Family Photo.

Sembari menanti kedatangan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, tampak beberapa menteri yang hadir berdiri berdampingan sambil sesekali terlibat obrolan santai.

Tiba-tiba Menteri Pertahanan Prabowo mendekati Mentan AAS yang juga sedang berdiri bersama beberapa menteri lainnya. Setelah salaman, Prabowo lalu merapikan dasi yang dikenakan Mentan AAS.

Dipegangya tangan Mentan AAS lalu seolah dijelaskan di hadapan menteri lain kenapa dia harus merapikan dasi tersebut. AAS hanya tersenyum sambil menunduk atas perhatian Presiden Terpilih tersebut.

Sesekali pria yang dijuluki 08 itu terlihat tersenyum memperhatikan Mentan AAS yang berbicara dengan telunjuk mengarah ke telapak tangannya, seakan ada hal yang serius namun lucu dibahas.

Menko Marinves Luhut B. Panjaitan, Menteri Kesehatan Budi Gunadi dan Wakil Menteri Perdagangan Jery Sambuaga tersenyum sambil memperhatikan Mentan yang begitu semangat menjelaskan sesuatu. Tak jauh-jauh dari pangan biasanya pembahasannya.

Merapikan dasi seseorang itu menunjukkan bentuk perhatian dan kedekatan seseorang, biasa dilakukan oleh saudara ke saudara lainnya, maupun kawan setia yang sudah sejak lama bersahabat. Bentuk mengayomi dan melindungi, seolah tak ingin ada sedikitpun kekurangan yang terlihat dari saudaranya.

Kedekatan Prabowo dengan Andi Amran memang tampak dari beberapa kali pertemuan antara keduanya.
Diawali kunjungan Menhan Prabowo ke AAS Building di sela kunjungannya ke Makassar, pada Kamis malam (13/07/2023). Saat itu Menhan Prabowo menyempatkan bersilaturahmi ke Andi Amran Sulaiman. Kedatangan Ketua Umum Partai Gerindra itu disambut langsung AAS di lobi gedung.

Keduanya pun saling bersalaman. “Apa kabar, Pak Amran? Lama tak bertemu,” sapa Prabowo sesaat turun dari mobil. Mantan Menteri Pertanian itu lantas mengajak Prabowo ke ruang rapat lantai 2. Keduanya berbincang empat mata hampir sejam lamanya.

Selanjutnya, ketika acara Jalan Sehat Anti Mager dalam rangka HUT ke-354 Sulsel dan HUT ke-78 Republik Indonesia yang digelar Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, Ahad (6/08/2023), Menhan Prabowo tampak berpose di panggung utama diapit Andi Amran dan Andi Sudirman Sulaiman, adiknya, yang saat itu menjabat Gubernur Sulsel.

Beberapa hari kemudian, Menhan Prabowo secara mendadak mempersilakan Andi Amran Sulaiman menjadi pembicara pada Seminar Strategi Transformasi Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045 yang diselenggarakan oleh Institut Kajian Strategis Universitas Kebangsaan Republik Indonesia di Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa 15 Agustus 2023.

Di acara ini Andi Amran sempat menyapa Prabowo Presiden, lalu meralat, maaf calon presiden. “Tapi ucapan itu adalah doa, semoga dikabulkan,” katanya saat itu.

Begitu antusiasnya Menhan Prabowo terhadap paparan Andi Amran, dia menginstruksikan agar khusus paparan Andi Amran diberikan waktu yang lebih lama dibanding pembicara lain yang hanya 15 menit.

Dua bulan kemudian, tepatnya 20 Oktober 2023, Andi Amran Sulaiman dilantik sebagai Menteri Pertanian untuk kali kedua. Komunikasinya dengan 08 semakin mudah karena sama-sama telah menjadi menteri.

Kebersamaan itu kemudian berlanjut dalam beberapa kunjungan. Bahkan saat memberikan sambutan pada kegiatan Pembinaan Penyuluh Pertanian dan Petani serta Food Estate Partisipatif di Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat, Selasa (30/01/2024), Menhan Prabowo menjuluki Andi Amran sebagai Panglima Pangan.

"Kita butuh banyak pemimpin yang lebih cepat bertindak seperti Pak Mentan. Rasanya dengan gaya kepemimpinan beliau seperti ini, kita perlu memberi gelar baru baginya. Saya rasa Pak Amran layak disebut sebagai Panglima Pangan,” ujar Prabowo.

Tiga hari kemudian, tepatnya Jumat (2/02/2024), pendiri Tiran Group ini mengambil cuti agar dapat mendampingi 08 menghadiri acara Silaturahmi Relawan Prabowo-Gibran Sulsel di GOR Sudiang, Makassar.

Dalam orasinya Capres Prabowo sempat bertanya, kalau saya Presiden, sudah tahukah siapa Menteri Pertaniannya? Kompak dijawab Andi Amran Sulaiman oleh seluruh relawan yang hadir.

Ungkapan Prabowo tentang siapa Menteri Pertanian di masa pemerintahannya yang akan datang sering digaung-gaungkan, baik di depan maupun di belakang Andi Amran.

Salah satunya terungkap pada acara peringatan HUT ke-54 Sinar Tani, di Auditorium Gedung F, Kementan, Jakarta, Kamis (29/08/2024).

Pada acara itu, saat bersalaman dengan Andi Amran, Rachmat Pambudy bercerita bahwa dalam setiap kesempatan, jika ditanya tentang siapa Menteri Pertanian, Prabowo selalu menjawab, Amran, Amran.
Merespon pernyataan Rachmat, Mentan Andi Amran menyatakan itu semua hak prerogatif presiden terpilih ke depan.

“Takdir sudah diatur Allah, tidak ada yang dapat mengubahnya. Tugas saya sekarang hanya bekerja yang terbaik untuk mencapai swasembada dan menjadikan Indonesia sebagai lumbung pangan dunia. Urusan siapa yang dipercaya oleh Prabowo, kita akan hormati dan ikuti bersama demi Merah Putih,” tandas Andi Amran.

Ya, kita tentu berharap kedua tokoh ini dapat terus bahu membahu ke depannya untuk membawa kebaikan bangsa. Fokus Presiden Terpilih Prabowo dalam kedaulatan dan kemandirian bangsa berharmoni dengan semangat Mentan AAS yang hampir seluruh waktu, pikiran dan tenaganya dicurahkan untuk nasib petani dan 280 juta rakyat yang harus diamankan pangannya. (*)

  • Bagikan

Exit mobile version