37 CJH di Bone Masuk Kategori Risti. Usia Calon Jemaah Tertua 101 Tahun – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

37 CJH di Bone Masuk Kategori Risti. Usia Calon Jemaah Tertua 101 Tahun

RADARBONE.CO.ID_WATAMPONE–Panitia pemberangkatan dan pemulangan Haji Kabupaten Bone telah merampungkan persiapan pemberangkatan calon jemaah haji tahun ini. Kloter pertama akan diberangkatkan pada 22 Juli mendatang.

Pemberangkatan Calon Jemaah Haji (CJH) Kabupaten Bone dibagi dalam tiga kloter. Kloter pertama akan diberangkatkan pada 22 Juli mendatang. Menyusul, kloter dua pada 1 Agustus mendatang dan kloter tiga pada 2 Agustus.

Sedianya, ada 855 CJH yang akan diberangkatkan pada musim haji tahun ini. Hanya saja, dalam perkembangannya ada tiga calon jemaah haji yang tak bisa mewujudkan impiannya untuk bertamu ke Baitullah.

Ketiganya meninggal dunia jelang pemberangkatan. Ketiga CJH yang meninggal dunia tersebut, masing-masing Rapi Bin Mappiare (55 thn), warga Desa Tana Tengnga, Naya Bin Pate (69 thn) dari Desa Balieng dan Hali Bin Sakka yang beralamat di Labembe Kecamatan Cenrana.

“Untuk yang dua orang ini sudah digantikan oleh kuota cadangan. Terkecuali CJH atas nama Hali yang baru kemarin meniggal dunia kemungkinan kuotanya tidak ada yang mengisi,” ungkap Kasi Haji dan Umrah Kementerian Agama Kabupaten Bone, Drs H Anwar kepada RADAR BONE sembari menyebut CJH tersebut tergabung di kloter 28 Emberkasi Makassar atau pemberangkatan kloter III Kabupaten Bone.

Adapun rincian JCH yang akan berangkat tahun ini, yakni kloter pertama pada 22 Juli mendatang sebanyak 161 orang, koter II sebanyak 450 orang dan kloter III sebanyak 245 orang.

“Sementara ini sudah dipastikan kloter III berkurang jumlahnya karena kemarin ada satu orang meninggal dunia karena sakit namun kita tunggu kedepan apakah akan digantikan cadangan atau tidak, yang jelas belum ada kepastian terkait pengganti kuota satu orang ini,” jelasnya.

Sementara dari kuota tambahan terdapat 37 CJH kata Anwar, yang masuk kategori resiko tinggi (Risti). Mereka umumnya, CJH yang sudah lanjut usia (Lansia). Meski 20 diantaranya memiliki pendamping, yang dimana pendamping ini juga masuk dalam daftar kuota tambahan. Ia juga menyebutkan, usia CJH tertua mencapai 101 tahun atas nama A Sitti Parawangi Senge dari Kecamatan Tellu Siattinge. Sementara CJH termuda, yakni Dila Rahayu Bahri Malla (19 tahun). Jemaah termudah ini berasal dari Kecamatan Ulaweng

“Proses pemberangkatan sudah siap, termasuk paspor dan kelengkapan lainnya,” tukasnya.
Disamping itu, H Anwar juga menyebutkan jumlah daftar tunggu hingga saat ini, masih tinggi. Mencapai 24 ribu CJH.

*

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top