64 Peserta Ikut Panre Temme Sekolah Bugis La Mellong Bone – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

64 Peserta Ikut Panre Temme Sekolah Bugis La Mellong Bone

RADARBONE.CO.ID_Watampone–Sekolah Bugis La Mellong Bone kembali menamatkan 64 peserta, Minggu 6 Mei 2018.

Jumlah peserta yang telah menjalani sekolah bugis tersebut merupakan gabungan tiga angkatan yaitu angkatan VII, VIII, IX. Mereka yang mengikuti prosesi penamatan berlangsung di Baruga Maccoppo Tellu, Ponceng Jl Sungai Asahan, Watampone.

Penamatan peserta sekolah bugis ini dihadiri langsung Pembina Yayasan Sulapa Eppae (Sekolah Bugis La Mellong Bone), Drs A Khaikal Kepala Bagian Kesra Setda Bone yang mewakili Bupati Bone, Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Bone Nursalam dan pengurus sekolah bugis.

Pembina Yayasan Sulapa Eppae DR HA Ajiep Padindang SE MM mengatakan peserta yang ikut penamatan (panre temme) sekolah bugis diharapkan terus dikembangkan karena bagian dari budaya di Sulael. Sehingga hal ini kata dia, perlu pelestarian budaya dengan melalui pendidikan. Karena itu, Yayasan Sulapa Eppae telah melakukan budaya sekolah bugia diberbagai kabupaten dan kota di Sulsel.

“Apalagi dengan ancaman media sosial sangat berbahaya tentu perlu pengetahuan budaya bugis. Makanya perlu dibentengi budaya bugis,” ujar Ajiep Padindang. Lebih lanjut dia mengatakan bahwa khusus Bone, telah menamatkan 9 angkatan sejak 2015. Tidak heran jika sekolah bugis ini terus dilestarikan.

Olehnya itu para peserta yang berasal dari guru sekolah dasar tersebut diharapkan bisa mentrasnformasikan atau mengajarkan nilai-nilai bugis di sekolahnya, khususnua kepada murid sekolah agar generasi hari ini dan akan datang. Tujuannya agar pendidikan sekolah bugis ini tidak asing budaya lokalnya sendiri.

Dia juga menambahkan bahwa sekolah budaya bugis telah dilakukan di Kabupaten Bone, Soppeng, Wajo, Bulukumba, Maros, Pangkep dan segera kabupaten lainnya menyelenggarakan seperti ini.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top