85 Narapidana Lapas Watampone Dapat Remisi – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

85 Narapidana Lapas Watampone Dapat Remisi

 

RADARBONE. ID, WATAMPONE– Dari 200 orang Narapidana Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Watampone yang diusulkan untuk mendapat remisi alias pengurangan masa pidana hari raya Idul Fitri, 85 orang diantaranya telah mengantongi SK Remisi dari Kementerian Hukum dan HAM. Mereka yang mendapat remisi adalah narapidana Narkoba dan Tindak Pidana Umum yang mendapat vonis hukuman penjara 5 tahun ke bawah.

“Sudah ada remisi narapidana yang turun. Namun baru 85 orang. Mereka yang telah turun SK Remisinya adalah narapidana Narkoba dan Tindak Pidana Umum vonis 5 tahun ke bawah,” ungkap Humas Lapas Watampone Ashar SH saat dihubungi RADAR BONE, Senin, 11 Juni 2018.

Mengenai rincian jumlah narapidana narkoba dan tindak pidana umum yang mendapat revisi tahun ini, Ashar belum bisa merincikannya.

“Intinya 85 orang itu berimbang antara narapidana narkoba dan tindak pidana umum,” ujarnya. 85 Narapidana yang telah terbit SK Remisinya kata Ashar adalah remisi tahun pertama yakni narapidana yang pertama kali diusulkan untuk menerima remisi selama ia menjadi narapidana di Lapas Watampone.

“Remisi atau pengurangan masa tahanan yang turun tahun ini, paling tinggi 2 bulan, dan paling rendah 15 hari dan tidak ada satupun yang langsung bebas,” bebernya. Dalam waktu dekat, lanjut Ashar tidak menutup kemungkinan ada tambahan jumlah narapidana yang menerima remisi dari Kemenkumham. Karena narapidana yang diusulkan remisi vonis 5 tahun ke atas belum terbit SK Remisinya.

“Saat ini, kami masih menunggu remisi narapidana yang divonis 5 tahun ke atas,” katanya. Pemberian remisi kepada narapidana dijelaskan Ashar diatur dalam PP Nomor 99 Tahun 2012. Di dalam peraturan ini, termasuk vonis narkoba, terorisme, maupun narkoba. Adapun kriteria narapidana yang diusulkan untuk mendapat remisi vonis 5 tahun ke bawah yakni narapidana telah berkelakukan baik, sudah menjalani pidana 6 bulan ke atas, tidak sedang menjalani pidana denda.

“Khusus narapidana vonis 5 tahun ke atas. Ada persyaratan tambahan yang harus dipenuhi yakni harus memiliki surat justice collaborator (JC) atau surat keterangan kerja sama dengan pihak penegak hukum,” tandasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top