Antisipasi Penyalahgunaan Dana BOS, Disdik Gandeng Kejaksaan – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Antisipasi Penyalahgunaan Dana BOS, Disdik Gandeng Kejaksaan

RADARBONE.CO.ID, WATAMPONE–Sejumlah sekolah di Kabupaten Bone mendapat tambahan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk tahun 2019. Ada yang mendapat dana BOS Afirmasi ada pula yang mendapat dana BOS Kinerja.

Untuk mengantisipasi penyalahgunaan dana BOS tersebut, Dinas Pendidikan Kabupaten Bone kembali menggandeng Kejaksaan Negeri Bone selaku TP4D Kab. Bone dalam acara sosialisasi dan penyuluhan hukum bertempat di Hotel Sarlim, Senin, 23 September 2019.

Dimana acara sosialisasi itu, Kepala Kejaksaan Negeri Bone Hj Nurni Farahyanti SH mengatakan anggaran negara yang digelontorkan pemerintah selalu dibarengi dengan petunjuk teknis pelaksanaan kegiatan. Juknis itu kata dia, merupakan rambu-rambu dalam memanfaatkan anggaran negara.

“Untuk itu sebagai penerima dana BOS reguler, Afirmasi dan Kinerja jangan melenceng dari juknis yang ada,” ujarnya.

Selain itu, ibu Kejari Bone juga mengingatkan dalam pengadaan barang maupun jasa jangan sama sekali ada yang berani markup, terutama dalam pengadaan buku belajar.

“Di jukniskan sangat jelas, ada regulasi yang harus dipatuhi dalam pengadaan buku. Maka dari itu jangan melenceng dari juknis,” tandasnya.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bone Hj A Syamsiar Halid SSos MSi mengatakan jumlah dana BOS Afirmasi dan Kinerja yang digelontorkan pemerintah tahun ini tidaklah sedikit yakni Rp24 miliar. Dana ini digelontorkan oleh pemerintah pusat dalam rangka penerapan pendidikan digitalisasi.

“Dana BOS Afirmasi dan Kinerja ini tujuannya untuk pengadaan tablet yang dapat digunakan siswa dalam belajar di kelas yang terkoneksi langsung dalam aplikasi ruang belajar. Jadi kedepan proses belajar mengajar akan menjadi lebih maju karena sudah masuk di era digital, maka dari itu saya minta kepada penerima dana agar hati-hati dalam mengelola BOS,” pintanya. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top