Bendahara Sekolah di Bone Dilatih Susun LPj – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Bendahara Sekolah di Bone Dilatih Susun LPj

PENULIS : AGUSTAPA

RADARBONE.CO.ID-Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA-SMK Kabupaten Bone menggelar Bimbingan Tekhnis (Bimtek) Penyusunan Laporan Pertanggungjawaban (LPj) Bagi Bendahara Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) SMA/SMK Wilayah III Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan bertempat di salah satu hotel Jl Ahmad Yani, Rabu-Kamis, 05-06 September 2018.

Kegiatan itu dibuka langsung oleh Kepala Cabang Dinas Wilayah III Bone dan Sinjai Drs Andi Syamsu Alam MPd dan dihadiri Inspektorat Provinsi Sulsel, kepala sekolah beserta bendahara sekolah.

Ketua Panitia Pelaksana Muhammad Idris SPd MSi mengatakan selama ini bendahara sekolah masih kewalahan dalam membuat laporan pertanggungjawaban dana BOS.

Sehingga untuk memberikan kemudahan bagi mereka dalam menyusun LPj, maka teman-teman kepala sekolah pun sepakat untuk mengadakan Bimtek.

“Bimtek kali ini berbeda dari yang lainnya. Kali ini kita mengundang langsung Inspektorat Daerah Provinsi Sulsel selaku tim audit dana BOS. Termasuk juga pemateri dari pengelola keuangan,” katanya.

Selain melatih bendahara sekolah dalam menyusun LPj dana BOS, dalam kegiatan Bimtek ini juga akan dibedah juknis dana BOS tahun 2018.

“Mengapa hal ini kita anggap perlu? karena selama ini, masih banyak sekolah kurang memahami juknis,” ujarnya.

Tidak sampai disitu saja kata Sekretaris MKKS SMA ini, termasuk kelemahan para bendahara dalam membuat laporan pertanggungjawaban dana BOS juga dibedah di sini.

“Jadi hasil audit Inspektorat Daerah Provinsi Sulsel dipaparkan dalam kegiatan Bimtek. Sehingga bendahara sekolah dapat mengetahui langsung kelemahan mereka dalam membuat LPj,” ungkap Kepala SMAN 1 Bone ini.

Kepala Cabang Dinas Wilayah III Bone dan Sinjai Drs Andi Syamsu Alam MPd mengapresiasi kegiatan tersebut. Bahkan dia berharap agar kegiatan seperti itu terus berkelanjutan.

“Bimtek seperti ini sangat membantu sekolah dalam mengelola administrasi sekolah. Jadi saya berharap nantinya ada nilai lebih nantinya dalam pengelolaan dana BOS,” ujarnya.

Mantan Kepala SMAN 1 Tellu Siattinge ini juga berharap pada pertemuan yang singkat ini betul-betul dimanfaatkan oleh bendahara sekolah untuk belajar dengan menyimak secara seksama, sehingga dalam pelaporan pertanggungjawaban dana BOS tidak lagi mengalami kendala.

“Semua LPj diharap rampung tepat waktu,” imbuhnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top