Bone Penyangga Utama Perekonomian Sulsel – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Bone Penyangga Utama Perekonomian Sulsel

RADARBONE.CO.ID_WATAMPONE–Melesatnya pertumbuhan ekonomi Sulawesi Selatan dalam 10 tahun terakhir, bisa tercapai karena ada Bone yang menjadi penopang di dalamnya. Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Bone yang mencapai 9,06 persen jauh diatas pertumbuhan ekonomi Provinsi Sulsel sebesar 7 persen, menjadikan daerah ini, sebagai penyangga utama perekomonian di Sulsel. Gubernur Sulsel, Dr H Syahrul Yasin Limpo SH MSi MH, tak menampik capaian prestasi itu. Bahkan, Syahrul secara khusus memuji keberhasilan perekonomian di Bone. Menurut Syahrul, Bone adalah kekuatan utama perekonomian di Sulsel.

“Kalau Sulsel menjadi provinsi terbaik di Indonesia, itu karena ada orang Bone di dalamnya,” ujar Syahrul saat menghadiri ritual ‘Mattompang Arajang’ (Pembersihan pusaka kerajaan Bone), Selasa 3 April kemarin.

Syahrul menegaskan, Bone merupakan penopang ekonomi Sulsel.“Bone adalah kekuatan Sulsel, baik itu dibidang ekonomi, politik, kesehatan dan pendidikan,” tegasnya. Syahrul juga menegaskan, Bone merupakan representasi Bugis-Makassar yang dikenal memiliki kecerdasan dan intelegensi yang tinggi.

Sementara itu, Pjs Bupati Bone, HA Bakti Haruni menegaskan, Kabupaten Bone menjadi salah satu daerah yang berkontribusi signifikan bagi kemajuan Sulawesi Selatan.
Menurut Bakti, sinergitas program dan kegiatan pembangunan antara Provinsi Sulsel dan Kabupaten Bone, telah memberikan hasil yang nyata. Bakti mencontohkan, di sektor kesehatan, ditandai dengan peningkatan derajat kesehatan masyarakat. “Sarana dan prasarana kesehatan semakin baik dan semakin mudah diakses oleh masyarakat,” tukasnya.

Hal itu lanjut dia, tercermin dari usia harapan hidup yang semakin meningkat dari 69,50 tahun pada 2013 menjadi 71,50 di 2017. Termasuk, jumlah puskesmas yang terakreditasi sebanyak 13 unit dan rumah sakit umum sebanyak dua unit.

Sementara pada sektor pendidikan lanjut Bakti, keberhasilan juga dapat dilihat dari angka melek huruf yang telah mencapai 99,42 persen. “Angka buta huruf yang masih tersisa, umumnya berada pada rentang umur 45 tahun,” jelasnya.

Pada sektor pertanian lanjut Bakti, produksi padi terus mengalami peningkatan rata-rata sebesar 36 persen per tahun. “Bahkan pada 2017, produksi padi kita, telah mencapai 1,228 juta ton lebih dengan tingkat produktivitas 58,808 kwintal per hektar gabah kering.

Sektor peternakan juga menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan. Perkembangan populasi sapi misalnya, yang pada 2017 telah mencapai 419 ribu ekor sekaligus menjadikan Bone sebagai daerah dengan populasi sapi terbesar di Sulsel. “PDRB perkapita kita juga meningkat signifikan. Pada 2014, PDRB kita hanya mencapai Rp26,92 juta, sekarang meningkat menjadi Rp34,26 juta,” tukasnya. Diketahui, pada ritual Mattompang Arajang, dihadiri berbagai tokoh. Termasuk raja dan sultan se Nusantara.

*

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top